Atasi Karhutla, Ben Brahim Inovasi Ciptakan Kincir Angin

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Ada hal menarik dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam mengantisipasi dan mencegah ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas ketika terjadi musim kemarau.

Adalah hasil ivonasi Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT yang sebelumnya juga mengantongi hak paten internasional membangun konstruksi jembatan.

“Kincir angin itu bermanfaat dan berfungsi untuk membasahi lahan-lahan di daerah yang memang rawan terjadi karhutla,”kata Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT kepada wartawan usai Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Aula Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Km 5 5 Kuala Kapuas Senin (10/2/2020).

Orang nomor satu di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung ini mengatakan akan lebih mudah kincir angin itu ditempatkan dekat sumur bor.

“Sehingga dengan mudah dapat menyerap air membasahi lahan-lahan yang kering itu,”terang Bupati Kapuas dua periode yang juga mantan Kadis PU Provinsi Kalteng ini.

Karenanya nantinya jika kincir angin itu berfungsi diharapkan jadi hak paten secara nasional.

Namun selain berfungsi untuk menekan kahutla juga dapat dipakai untuk keperluan perikanan.

“Sejauh ini masih mencari tempat atau lahan untuk kincir angin ini. Selain di wilayah Kabupaten Kapuas nantinya kita akan koordinasikan dengan Bupati Pulang Pisau terkait itu,”tutup Ben Brahim. (ujang/ery-SB).

Check Also

DPRD Menyetujui Raperda Perubahan APBD 2020 Sebagai Perda

SEKADAU, suaraborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) …