Ini Strategi BPBD Kapuas 2020 Atasi Karhutla

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, terus berupaya mengantisipasi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga didampingi Kabid Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Damai DJ usai Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kapuas tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Kapuas kepada wartawan Senin (10/2/2020) mengatakan, BPBD Kapuas telah memiliki strategi hadapi Karhutla.

Dikatakan, adapun strategi tersebut diantaranya, meningkatkan pengawasan lahan kritis milik masyarakat korporasi melalui giat patroli.

Meningkatkan koordinasi lintas sektor melalui dukungan sarana, penambahan armada, peningkatan SDM melalui pelatihan serta penyediaan anggaran yang cukup melalui DBH DR.

Kemudian, penggunaan dana DD/ADD sesuai surat Bupati Kapuas.

Sedangkan, kendala yang dihadapi BPBD kondisi geografis, jaringan komunikasi keterbatasan sarana serta identifikasi pelaku pembakar lahan jika tidak tertangkap tangan.

“Intinya kita kedepankan pencegahan dan sinargi dengan semua stake holder terkait sehingga, dengan begitu karhutla dapat ditekan,”pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …