Perkimtan : Rakernis Pertanahan, Strategis Dan Singkronisasi

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Kerja Teknis Pendaftaran Tanah tahun 2020 di Aula Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (11/2/2020).

“Rakernis ini bertujuan singkronisasi redistribusi aset, sejauh mana hambatan dan kendala yang terjadi di lapangan sehingga, Pemkab OPD camat dan kades dapat mengetahuinya,”kata Kepala Kantor BPN Kapuas Suraji pada rakernis itu.

Dikatakan, pelaksanaan program BPN secara nasional terkait PTSL terus dilakukan penyelesaian dengan biaya pemerintah.

Namun, tentang penyuluhan pengukuran bidang tanah di biayai pemerintah. BPN Kapuas kemudian juga melakukan pengumpulan data yuridis data lapang milik masyarakat memastikan status tanah selanjutnya, diinput BPN.

“Loyalitas BPN adalah dengan melaksanakan MOu dengan Pemerintah Kabupaten. Jadi BPN lapor dan selalu koordinasi dengan Bupati.

Lebih jauh dikatakan, BPHTB masuk ke Pemkab Kapuas mencapai Rp 45 miliar dari program pendaftaran PTSL. “Ya ini merupakan kontribusi BPN dan tentunya diharapkan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kapuas,”terangnya.

Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung menjelaskan, kegiatan Rakernis ini merupakan kegiatan sangat strategis sebagai bahan acuan Pemkab Kapuas untuk mapping. (ujang/ery-SB).

Check Also

Buat Postingan Tidak Terpuji Soal Banjir, Panji: Itu Bukan Relawan Saya

MELAWI, SB – Menjelang perhelatan pilkada 2020 banyak cara untuk menjatuhkan lawan belakangan ini salah …