DPMD : Bantuan Operasional Babinsa dan Babinkamtibmas Melalui ADD

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo -Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Kapuas Yanmarto mengatakan, bantuan Operasional Babinsa dan Banbinkamtibmas dianggarankan melalui ADD.

Kesiapan ini, menindak lanjuti rencana Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S. Bahat MM MT untuk menaikkan bantuan operasional Babinsa dan Babin Kamtibmas Desa.

Menurutnya, pola hubungan kerjasama yang telah dibangun selama ini antara Desa dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas terbukti sangat positif dan berhasil, terutama dalam program yang ditekankan oleh Bupati Kapuas yaitu upaya bersama melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas.

Untuk itu, dukungan terhadap operasional di lapangan perlu diperhatikan. Keberhasilan tersebut bisa dilihat dari jumlah Hot Spot serta kejadian karhutla yang telah dapat ditekan sekecil mungkin.

Hal tersebut, sebagaimana telah diungkapkan Bupati Kapuas pada saat Rakor Pencegahan Karhutla hari Senin (10/2/2020) lalu.
Selain itu, Kadis DPMD Kabupaten Kapuas, Yanmarto juga menjelaskan, bahwa posisi Babinsa dan Babinkamtibmas yang tepat berada ditengah-tengah masyarakat desa sangat diperlukan untuk membantu dan mendampingi Desa dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban, penyuluhan dan penegakan hukum, pembinaan linmas Desa serta masyarakat.

Dikatakan, DPMD memastikan tentang rencana kenaikan bantuan operasional Babinsa dan Babinkamtibmas Tahun Anggaran 2020 yang akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa.

“Yang pasti sumbernya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kapuas yang ditransfer ke desa melalui yang namanya Alokasi Dana Desa (ADD). Nantinya hal tersebut secara teknis akan diatur lebih lanjut dalam Perbup tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan yang dibiayai APBDes,”katanya Rabu (12/2/2020).

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa, untuk besaran bantuan operasional yang saat ini sudah berjalan adalah sebesar Rp 625 ribu perbulan, apabila di setahunkan menjadi Rp 7,5 juta, masing-masing untuk Babinsa dan Babin Kamtibmas sehingga total untuk keduanya mencapai Rp 15 juta pertahun.

Sedangkan, untuk rencana kenaikan masih menunggu arahan Bupati Kapuas dan kalkulasi belanja Desa TA. 2020.

“Nanti akan bisa kita lihat di Perbup yang akan terbit,”ujar Yanmarto mengakhiri penjelasannya. (Hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Buat Postingan Tidak Terpuji Soal Banjir, Panji: Itu Bukan Relawan Saya

MELAWI, SB – Menjelang perhelatan pilkada 2020 banyak cara untuk menjatuhkan lawan belakangan ini salah …