Infrastruktur Dominasi Usulan Musrenbang Kapuas Hilir

KAPUAS, SuaraBorneo – Bidang infrastruktur mendominasi usulan program pembangunan di Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas.

Ini terungkap dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan yang digelar di ruang rapat Kantor Kecamatan Kapuas Hilir Kamis (13/2/2020).

Musrenbang dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kapuas yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Kabupaten Kapuas, Krin Prihatin dan dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas daerah pilihan empat. Turut hadir juga Plt. Camat Kapuas Hilir Eko Darma Putra berserta jajaran, Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Raison, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Kapuas Krin Prihatin menjelaskan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang mana tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten, dan sebagai bagian dari tahapan proses penyusunan RKPD Kabupaten yang melibatkan masyarakat dengan pendekatan perencanaan dari atas kebawah serta dari bawah ke atas dalam hirarki Pemerintahan.

“Terwujudnya harmonisasi dan sinegritas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan ini yang semuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas, sebagaimana penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019,”ucap Krin.

Plt Camat Kapuas Hilir Eko Darma Putra menerangkan dalam musrenbang ini terdapat sebanyak 41 usulan yang terdiri dari bidang infrastruktur sebanyak 25 usulan, bidang sosial budaya yang meliputi Kesehatan sebanyak satu buah usulan, Pendidikan sebanyak 11 buah usulan, budaya sebanyak dua buah usulan serta lingkungan hidup sebanyak dua buah usulan dengan harapan agar dapat didiskusikan sehingga mendapatkan hasil bagian mana saja yang akan menjadi prioritas di Kecamatan Kapuas Hilir.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kominfo Dr H Junaidi menyampaikan bahwa Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas kedepannya akan membuat program yang memprioritaskan internet di desa – desa agar desa yang ada di Kabupaten Kapuas bebas dari yang namanya buta internet atau tidak tahu dengan yang namanya internet.

“Kedepannya Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas membuat program yang namanya desa internet, supaya desa – desa dan kelurahan di Kabupaten Kapuas khususnya yang ada di daerah hulu bisa terjangkau internet yang bisa diakses dengan mudah, oleh karena itu Diskominfo bekerja sama dengan Telkomsel agar Kabupaten Kapuas bisa mencapai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),”ungkapnya.

Bupati Kapuas yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Kapuas Krin Prihatin juga mengingatkan pentingnya harmonisasi dan sinegritas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dimana memerlukan pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi daerah melalui penunjang utama, yaitu dengan melakukan percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, listrik, telekomunikasi, pelabuhan dan lain-lain. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Perbatasan Dinilai Rawan Penyeludupan Narkotika

ENTIKONG, SuaraBorneo – Tidak bisa di pungkiri lagi daerah perbatasan merupakan wilayah yang sangat rentan …