Pemkab Kapuas Terus Galakkan Baca Tulis Al Quran

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah┬áKabupaten Kapuas terus menggalakkan program baca tulis Al Quran (TBTQ). Ini bertujuan memberantas buta aksara Al-Quran menuju Kapuas Cerdas.

Demi terwujudnya program tersebut, Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Kecamatan Kapuas Murung bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas melaksanakan Khataman Al-Quran massal Minggu (16/2/2020) pagi.

Kegiatan tersebut kali ini dipusatkan di Masjid Nurul Huda Desa Tajepan Kecamatan Kapuas Murung dan diikuti Ustadz dan Ustadzah beserta Wali Santri dan Masyarakat.

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti khataman massal tersebut, dan mengharapkan kepada seluruh peserta untuk selalu mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan.

“Dengan mengamalkan Al-Quran dalam hidup kita, maka Allah SWT akan selalu memberikan hidayah dan berkahnya kepada kita semua sehingga hidup kita selalu bermakna. Sebab Al-Quran adalah Kalam Allah SWT. Oleh karena itu, selalu baca dan pahami kandungan yang ada didalam Al-Quran,” ucap Nafiah.

Dirinya juga mengajak masyarakat Kabupaten Kapuas, khususnya yang beragama Islam untuk memotivasi diri dan batin dalam mengkhatamkan Al-Quran agar mendapatkan kehidupan yang tenang dan berkah dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat.

Nafiah juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada LPTQ Kabupaten Kapuas yang telah mendukung Program Tuntas Baca Tulis Al-Quran ini dengan harapan dapat mencapai sasaran sesuai yang telah di canangkan oleh Bupati Kapuas.

Ditempat yang sama, Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas, KH Muchtar Ruslan menerangkan, Khataman Al-Quran yang dilaksanakan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Kapuas dan akan berjalan pada setiap kecamatan, dengan harapan semua masyarakat muslim di Kabupaten Kapuas dapat lancar dalam membaca Al-Quran.

“Dalam kegiatan ini, kami selaku pihak LPTQ Kabupaten Kapuas secara langsung menguji kemahiran peserta dalam membaca Al-Quran dan dilanjutkan dengan pemberian nilai.

Kemudian, kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Khataman massal Al-Quran ini akan diberikan Ijazah dari LPTQ Kabupaten Kapuas,”pungkas KH Muchtar Ruslan.(Hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Ritual Adat dan Mpokant Podagi Akan Digelar 7 Juli Mendatang

Ketua umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau …