Sensus Penduduk 2020 Online di Sanggau Dimulai, Begini Cara Mengisinya

SANGGAU, SuaraBorneo – Bupati Sanggau, Paolus Hadi sangat mendukung dengan diadakan Sensus Penduduk 2020 secara Online yang dilaksanakan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sanggau usai apel rutin kesadaran nasional Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, bertempat di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin (17/2/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan pelaksanaan sensus penduduk secara online merupakan program nasional yang harus diikuti seluruh masyarakat dalam rangka memperbaharui data kependudukan menuju satu data Indonesia.

“Usai apel ini kita akan melaksanakan sensus penduduk secara online, nanti Bapak Kepala BPS Sanggau akan menjelaskan kepada kita semua bagaimana dalam mengisi data melalui situs resmi sensus.bps.go.id, agar kita mengerti bagaimana dalam mengisi data sensus penduduk online tersebut. Sehingga nantinya bisa disampaikan juga kepada keluarga dan tentangga dalam mengisi sensus penduduk online,” jelas PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

PH, Bupati Sanggau dua periode juga mengatakan dalam mengisi data pada sensus penduduk ini akan ada dua tahap.

“Pada hari ini kita akan melounchingkan sensus penduduk secara online dan pada hari berikutnya akan ada petugas dari BPS Sanggau yang langsung mendata dari rumah ke rumah (door to door),” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Sanggau, Alifius menyampaikan bahwa Kabupaten Sanggau pada hari ini akan melakukan sensus penduduk 2020 secara online.
“Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Bupati Sanggau beserta jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kali ini sensus penduduk 2020 dilaksanakan dengan dua metode yaitu; pertama, dengan wawancara dan kedua, secara online,”Jelasnya

Adapun untuk online ini dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Juli 2020 dan manakala ada yang tidak bisa online ataupun yang berhalangan online dan berbagai persoalan akan dilakukan pendataan kesetiap rumah (door to door) untuk melakukan wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

Ia juga menyampaikan, untuk Kabupaten Sanggau terkait sensus penduduk 2020 secara online menargetkan 1,33 persen. “Target sangat kecil, akan tetapi bagi saya itu angka yang sangat realistis. Saya berharap tentunya bisa dua atau tiga kali lipat dari target yang ingin dicapai. Kenapa demikian?, karena yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) diluar empat digit pertama kode untuk Kabupaten Sanggau (6103) itu dipastikan didata pertama kalinya waktu KTP-el bukan di Sanggau. Nah, yang seperti itu nanti masuknya bukan di Sanggau, tetapi tempat dimana yang bersangkutan di data di KTP-el,” ucap Kepala BPS Sanggau, Alifius.

Kepala BPS, Alifius menyampaikan jika ada permasalahan pada saat pengisian data untuk bisa langsung ditanyakan kepada tim dari BPS Sanggau yang sudah siap untuk mendampingi. “Apabila sudah masuk pada situs resmi sensus.bps.go.id, bapak dan ibu diminta untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) terlebih dahulu, setelah itu untuk dapat mengisi Nomor Kartu Keluarga (KK) dan nantinya akan keluar capcha untuk dimasukan kode capchanya, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan membuat password khusus untuk sensus penduduk online, diharapkan password tersebut jangan sampai lupa. Jika databasenya ada maka dia akan menjawab data keluarga anda, apabila hari ini tidak berhasil dengan tuntas maka bisa disimpan dulu pada di sementara, setelah itu nanti boleh dilanjutkan. Apabila bapak dan ibu sudah yakin data yang di isi sudah benar, maka silahkan dikirim dan setelah itu bapak dan ibu diberikan kesempatan untuk mengunduh file tersebut. Setelah diunduh maka nanti akan keluar dalam bentuk file asli unduhan dan bisa dibuka melalui file manajer atau galeri dan pada file unduhan tersebut mengatakan bahwa anda sudah terdaftar di sensus penduduk 2020 online, formasi per anggota keluarga akan muncul,” jelasnya. (Bry)

Check Also

Anggota Komisi IV DPR RI Apresiasi, Program KLHK Sangat Baik dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

JAKARTA, SB –Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya didampingi Sekjen LHK, Bambang Hendroyono, …