Bupati Balangan : Tahun Depan Festival Buah Lokal Khas Kalimantan Bakal Lebih Besar

PARINGIN, SuaraBorneo – Bupati Balangan H Ansharuddin, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Maranjai, Kecamatan Halong atas terselenggaranya festival buah lokal yang dilaksanakan masyarakat setempat.

Dimana menurut Ansharuddin, dalam festival itu, berbagai macam buah khas lokal ditampilkan, bahkan satu buah durian pun ada beberapa jenis.

Dirinya juga menghendaki, ditahun depan kembali diadakan festival buah lokal yang lebih besar.

“Tahun depan akan dilaksanakan even lebih besar, dengan festival ini membuktikan bahwa bumi Kalimantan menyimpan kekayaan yang luar biasa,” ujar Ansharuddin.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Kalimanatan Selatan (Kalsel) Samsir Alam, tidak menyangka masih ada buah-buahan lokal yang khas, dan itu hanya ditemukan di Kalsel, yakni di Kabupaten Balangan.

Agar buah-buahan langka tersebut tak punah, maka pihaknya bakal mencari solusi, salah satunya dengan menyiapkan anggaran untuk penanaman pohon buah tersebut.

“Kita bakal menyiapkan angggaran, untuk pelestarian pohon buah-buahan yang langka ini, dan Kabupaten Balangan akan menjadi satu-satunya tempat yang bisa mengekspor buah langka itu.” Tandas Samsir. (Mr)

Check Also

DPRD Menyetujui Raperda Perubahan APBD 2020 Sebagai Perda

SEKADAU, suaraborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) …