Agustiar Ajak Generasi Muda Amalkan Pancasila

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Anggota Komisi DPR/MPR-RI H Agustiar Sabran melakukan sosialisasi 4 Pilar di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), Sabtu (22/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Agustiar mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Agustiar, pengamalan Pancasila bukan hanya penting sebagai ideologi dalam kehidupan berbangsa. Namun juga menjadi prasyarat terciptanya masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Dicontohkannya, hingga saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang secara ekonomi tergolong miskin. Hal ini ironis, mengingat sumber daya alam bangsa ini kaya.

“Sudah diamanatkan dalam Pancasila, sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,”ujar Agustiar.

Dia melanjutkan, aspek keadilan itu lah yang masih harus ditegakkan di negeri ini, terutama dalam hal perekonomian masyarakat.

“Kalau 4 pilar itu benar-benar dilaksanakan, tidak akan ada rakyat kita yang miskin,” tandasnya.

Selain Agustiar, sosialisasi 4 pilar di hadapan ratusan mahasiswa UMP serta perwakilan BEM berbagai perguruan tinggi di Kota Palangka Raya ini juga disampaikan Rektor UMP Dr Sonedi MPd, dan perwakilan Dewan Adat Dayak Dr Mambang I Tubil SH MAp. Kegiatan dimoderatori tokoh akademisi John Retei.

Di kesempatan yang sama, Rektor UMP Sonedi dalam paparannya mengingatkan kembali bahwa Pancasila merupakan kesepakatan bersama masyarakat Indonesia yang beragam dari segi keyakinan, suku, dan adat istiadat.

Karena itu, ujar Sonedi, tidak boleh Pancasila dan agama dibentur-benturkan. (ujang/ery-SB).

Check Also

Plt Sekda Kapuas : Pilkada, ASN Kedepankan Netralitas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan …