SP 2020 Perlu Dukungan Pemerintah dan Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Guna menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas mengharapkan dukungan semua pihak. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas memberikan dukungan atas pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020.

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kapuas Nomor : 470/39/BPS/2020 tentang Dukungan Kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP 2020), disampaikan beberapa hal yaitu kegiatan pengumpulan data SP2020 akan dilakukan secara bertahap, yaitu Sensus Penduduk Online pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, serta Sensus Penduduk Wawancara pada tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020. Wawancara akan dilakukan oleh petugas sensus kepada penduduk yang belum berpartisipasi pada sensus penduduk online.

Hal tersebut, sesuai berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta sejalan dengan rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), BPS akan menyelenggarakan Sensus Penduduk pada tahun 2020.

SP2020 bertujuan, untuk mendapatkan data jumlah penduduk dan karakteristiknya yang menjadi landasan terwujudnya satu data kependudukan Indonesia, serta sebagai data pendukung bagi perencanaan dan evaluasi program dan kebijakan pembangunan nasional.

Dalam surat edarannya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menghimbau serta meminta perhatian semua pihak untuk ikut mendukung dan berperan aktif pada setiap tahapan kegiatan SP2020.

“Bupati Kapuas juga menghimbau seluruh warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sensus pendudukonline dengan cara mengakses websitesensus.bps.go.id dan memberikan jawaban yang benar dan apa adanya,”kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M. Kes ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/02/2020) siang. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Plt Sekda Kapuas : Pilkada, ASN Kedepankan Netralitas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan …