Pemkab Banjar Siap Dukung Suksesnya Haul ke-15 Guru Sekumpul

MARTAPURA, SuaraBorneo – Haul Ke-15 Guru Sekumpul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), kian dekat. Acara akbar yang bakal dihadiri ribuan jamaah dari berbagai daerah dan beberapa negara tetangga itu dijadwalkan pada 29 Februari sampai 1 Maret 2020.

Berbagai persiapan sudah dilakukan panitia demi suksesnya hajatan tersebut. Bahkan masyarakat di sekitarnya siap membantu secara sukarela. Kamar hotel di Martapura dan sekitarnya sudah diboking penuh oleh masyarakat dari berbagai lini.

Begitu juga pemerintah daerah setempat telah menggerakkan instansi terkait untuk membantu dan mengantisipasi berbagai kemungkinan, agar haul akbar ini berjalan aman dan lancar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, Mokhamad Hilman mengharapkan agar acara bernuansa keagamaan Islam ini berjalan lancar.

“Kita dari Pemerintah Kabupaten Banjar, dalam acara haul ini fungsinya memfasilitasi, dan bergerak di lapangan adalah relawan. Mereka kita bantu, baik dari sisi lalu lintas, perhubungan, kesehatan dan kebersihan lingkungan. Intinya, kita bersama relawan akan berupaya memberikan yang terbaik,”kata Hilman saat dikonfirmasi inikalteng.comvia telepon selular, Kamis (27/2/2020).

Dikatakan Hilman, selain dari Pemkab Banjar, pihak keamanan dari Kepolisian, TNI dan instansi terkait lainnya juga sudah melakukan gelar pasukan. Beberapa kali rapat persiapan juga sudah digelar. Termasuk mengevaluasi pelaksanaan haul ini di tahun sebelum, agar dilakukan perbaikan dan peningkatan dalam haul ke-15 tahun 2020 ini.

“Insha Allah kita sudah siap menyukseskan penyelenggaraan Haul Ke-15 Guru Sekumpul ini,”ucap Hilman yang merupakan putera Dayak asal Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

Sementara itu, masyarakat dari berbagai daerah termasuk di Kalteng, sudah banyak yang bersiap-siap menghadiri Haul Ke-15 KH M Zaini bin Abdul Ghani atau juga dikenal dengan nama Guru Ijai ini.

Masyarakat ada yang secara kelompok maupun perorangan menyatakan akan menghadiri kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu.(ujang/ery-SB).

Check Also

Bupati : Atasi Karhutla, Presiden Dan Menteri Tertarik Inovasi SPA

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyampaikan inovasi …