Koramil Beduai Sosialisasikan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa

BEDUAI, SuaraBorneo – Menindaklanjuti program kerja Pangdam XII Tanjung Pura yakni Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa dan selanjutnya di sosialisasikan kembali kepada tiga pilar meliputi TNI,Polri dan para Kepala Desa oleh koramil 1204-03/Beduai melalui plh Danramil Serma C.Sihombing di aula Kantor Desa Karso Mego,Kecamatan Beduai,Kabupaten Sanggau. Jumat,(28/2/2020).

Plh Danramil menjelaskan bahwa Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru merupakan program yang dicetuskan oleh Pangdam XII/Tanjungpura,Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Pangdam mengajak 3 pilar Desa Mandiri se-Kalbar, untuk turut menyukseskan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa.

Program ini untuk mencegah adanya Kebarakan Hutan dan Lahan (Karhutla), yang menyebabkan bencana asap.

“Program ini dibentuk untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam membuka lahan.”kata C.Sihombing.

Jika sebelumnya membuka lahan dengan membakar, maka sekarang menjadi membuka lahan dengan tanpa membakar

Dalam program tersebut, pohon yang sebelumnya di bakar ketika membuka lahan. Sekarang tidak perlu di bakar, namum dari pohon tersebut akan dilakukan penyulingan yang nantinya menjadi cuka kayu.

“Setelah sosiali ini, kita akan secepatnya mempraktekkan kepada masyarakat, bagaimana menjadikan kayu yang di tebang itu untuk di olah menjadi cuka kayu,” pungkas plh Danranil beduwai,Serma,C.Sihombing.
(Bobirianto Yulianus).

Check Also

Wakil Bupati Beserta Rombongan Hadiri Baksos Pelayanan Kesehatan di Desa Semabi

SEKADAU, suaraborneo.com – Wakil Bupati Sekadau beserta Porkopimda kabupaten Sekadau menghadiri Bakti Sosial (Baksos) Pelayanan …