Pemkab Kapuas Gelar Forum Koordinasi Lintas Sektor Germas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Guna mendukung susksesnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Daerah melaksanakan forum koordinasi lintas sektor Germas Kabupaten Kapuas yang dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Andres Nuah di Aula Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas, Senin (02/03/2020) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, Kepala Bidang (Kabid) Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr. Fery Iriawan, Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng Tukas Umar, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas serta undangan.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kapuas Andres Nuah mengatakan forum ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam mendukung dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas. Ia menuturkan Germas merupakan suatu upaya untuk menurunkan faktor resiko penyakit menular terutama di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Saya minta melalui kegiatan ini agar seluruh elemen-elemen Pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama guna melaksanakan maupun mensosialisasikan Germas ini, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam hal menjaga kesehatan,”kata Andres Nuah.

Dirinya juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Kapuas untuk bersama-sama melaksanakan dan mensosialisasikan Germas ini sampai kejajaran paling bawah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Diakhir sambutannya, Pj Sekda tersebut mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Germas sehingga tercipta masyarakat Kapuas yang selalu sehat dan cerdas.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng Tukas Umar selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menerangkan terdapat beberapa tujuan dalam kegiatan pelaksanaan Germas ini, yaitu menurunkan beban penyakit menurat dan tidak menular, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit serta menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Sementara itu dirinya juga menambahkan adapun tujuan khusus dari Germas ini untuk meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku sehat dan juga peningkatan edukasi hidup sehat.

“Dalam penyusunan rencana kegiatan Germas di Kabupaten Kapuas, difokuskan pada kegiatan yang berkontribusi signifikan pada enam tujuan yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegaha dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi sehat,”jelas Tukas Umar. (hmskmf/ujang/ery-SB)

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …