Heru, Apresiasi Langkah Disdik Kota Antisipasi Virus Corona

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Antisipasi penularan virus Covid-19 yang menyebabkan flu Corona jenis baru mulai dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya Melalui Dinas Pendidikan (Disdik), pemerintah mengeluarkan imbauan agar aktivitas salam berjabat tangan antara peserta didik dan guru yang biasa dilakukan sebelum jam pelajaran sekolah dihentikan sementara waktu.

Surat edaran imbauan setop berjabat tangan tersebut telah dikeluarkan (Disdik) Kota Palangka Raya pada 4 Maret 2020 kemarin. Edaran itu dibagikan kepada kepala TK, SD, dan SMP baik negeri maupun swasta di Palangka Raya.

Selain soal jabat tangan guru dan murid, edaran tersebut juga berisi imbauan agar warga sekolah membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian, seluruh pihak juga diminta aktif menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan sekolah.

Langkah antisipatif tersebut mendapat apresiasi dari tokoh pemuda Kalimantan Tengah (Kalteng) H Heru Hidayat. Politikus Partai keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menilai imbauan Pemkot melalui Disdik Kota Palangka Raya ini tetap relevan untuk dilakukan sebagai bagian dari antisipasi pencegahan virus corona.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Kalteng ini menambahkan, bukan hanya pihak sekolah, seluruh lapisan masyarakat juga harus berpartisipasi mencegah penyebaran Corona.

“Semua pihak harus berpartisipasi sesuai peran masing-masing dalam menanggulangi bahaya virus Corona ini,”ujar Heru kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Dia juga mengingatkan agar masyarakat menjaga pola hidup sehat, makan dan minum secara teratur, cukup istirahat, serta menggiatkan aktivitas berolahraga.

Selain, melakukan langkah nyata sebagai antisipasi, masyarakat juga diimbau untuk berdoa kepada Tuhan YME agar terhindar dari virus Corona dan dampaknya.

Terakhir, Heru juga meminta pemerintah daerah untuk terus mensosialisasikan upaya bersama mengantisipasi penularan virus Corona kepada masyarakat.

Sering-Sering Berwudhu.

Terpisah, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalteng Dr H Bulkani MPd, juga mengajak masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus Corona ini.

Bulkani mengatakan, cara sederhana mencegah virus tersebut adalah menjaga kesehatan, di antaranya dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian, ujar Bulkani, khusus kaum muslimin di Kalteng juga diimbau untuk meningkatkan ibadah yang di dalamnya disyariatkan berwudhu terlebih dahulu.

“Tingkatkan ibadah dan berdoa kepada Allah SWT agar daerah kita ini tetap aman dari penyebaran virus Corona,”ujar Bulkani. (ujang/ery-SB).

Check Also

Ibu-Ibu PKS Lamandau Siapkan Makanan Bagi Warga Terdampa Banjir

LAMANDAU, SuaraBorneo – Puluhan warga terdampak banjir disiapkan makanan Para ibu-ibu. Mereka sejak pagi sampai …