Festival Seni Budaya Meriahkan Harjad Kota Kuala Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 214 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 69, maka diselenggarakan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Tahun 2020 yang berlangsung selama beberapa hari.

Adapun pembukaan Festival tersebut berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Sabtu (02/03/2020) malam yang mana dibuka oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat serta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas ditandai dengan pemukulan Katambung.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut karena mampu melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kapuas. Dirinya juga meminta kepada seluruh Kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk ikut berpartisipasi dalam memeriahkan festival budaya tersebut.

“Yang kita perlukan sekarang adalah bagaimana kita harus melestarikan budaya kita agar selalu dapat terjaga serta juga dapat dijadikan sebagai potensi pariwisata untuk mengembangkan Kabupaten Kapuas kedepannya,”ucap Ben.

Kemudian, Ben mengharapkan, agar pihak-pihak terkait dapat mengolah sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Kapuas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai objek pariwisata yang mana dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap kepada masing-masing kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk selalu mengembangkan kesenian budaya tarinya masing-masing agar Kabupaten Kapuas selalu dipenuhi dengan kesenian-kesenian yang beraneka ragam,” terang Ben dalam sambutannya.

Untuk itu, dengan memasuki usia Kabupaten Kapuas yang sudah 214 tahun ini, Bupati Kapuas tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga keberagaman dan kesenian serta ikut melestarikan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat dalam kesempatan itu mengungkapkan, rasa bangganya dengan kesenian yang beraneka ragam di Kabupaten Kapuas. Berkenan hai itu dirinya mengajak kepada Dinas terkait untuk melakukan inovasi-inovasi dalam melestarikan serta meningkatkan kesenian yang ada di Kabupaten Kapuas.

Ary Egahni juga menyampaikan, apresiasinya atas terselenggaranya festival tersebut karena mampu memperkenalkan kepada masyarakat tentang kesenian-kesenian apa saja yang dimiliki Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan itu, juga Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H Suparman menuturkan, dalam festival tersebut diisi dengan berbagai macam lomba diantaranya lomba tari pedalaman, lomba bagasing, balogo, lawang sakepeng dan juga lomba karungut dengan peserta yang berpartisipasi berasal hampir dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Kapuas. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Kunjungan Bungkong Baru, Wabup Sintang Tenangkan Warga Sikap Aksi Penyegelan Kantor Desa

SINTANG, suaraborneo.com – Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM melakukan kunjungan kerja ke Dusun Bungkong …