Petani Dukung Program Menuju Langit Biru, Buka Lahan Tanpa Harus Dibakar

BEDUAI, SuaraBorneo – koramil 1204-03/BDI tentukan lahan percontohan di Desa Kasromego,dusun Bengkuang Sari kecamatan Beduwai kabupaten Sanggau.

Melalui program desa mandiri menuju langit biru yang digagas Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dinilai terbukti mampu untuk menangkal karhutla di Kalbar.

“Petani dibeduwai mendukung progam untuk mengatasi karhutla dengan membuka lahan tanpa dibakar,” kata Plh Danramil 1204-03/ BDI,Serma.C. Sihombing,Kamis (12/3/2020).

Menurut dia,lahan warga yang dipilih itu selama ini digarap dengan cara dibakar.melalui program desa mandiri menuju langit biru pengolahan lahan menggunakan cuka kayu. Kayu yang ada dilahan ditebang kemudian diolah menjadi cuka kayu sehingga menjadi nilai ekonomis buat masyarakat terutama pemilik lahan.

Lahan yang dipilih sebagai percontohan seluas 1 hektar, dalam waktu dekat akan diolah bersama petani.

Sementara itu,Eko warga Dusun Bengkuang Sari desa Kasromego Kecamatan Beduwai mendukung pengolahan lahan secara alami dengan cuka kayu dimana selama ini petani sebagian besar mengolah lahan dengan cara dibakar.

“Petani juga sudah diajarkan untuk membuat cuka kayu.tentu dengan program desa mandiri menuju langit biru bisa membawa perubahan bagi petani dalam mengolah lahan secara alami tanpa harus dibakar,” ungkap Eko.

Eko menyampaikan bahwa sebagian besar masyarakat di Desa Kasromego bertani,dan mendukung program pemerintah untuk membuka lahan tanpa harus membakar untuk mencegah bencana asap seperti tahun-tahun sebelumnya. (Bobirianto)

Check Also

Nadjmi Adhani: DHC-45 Banjarbaru Pelopor Penerapan Perwali Nomor 20 Tahun 2020

BANJARBARU,SuaraBorneo.com – Nadjmi Adhani Walikota Banjarbaru mengajak segenap pengurus Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pembudayaan …