Wabah Virus Corona, Dirut Bank Kalsel Himbau Warga Jaga Kebersihan dan Berdoa

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin menyampaikan, sebagai bentuk tanggapan atas Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan, Saya Agus Syabarrudin, Direktur Utama Bank Kalsel, menghimbau dan mengajak para Kalselennial, nasabah setia, dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan, untuk bersiaga dan waspada terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang saat ini telah ditetapkan sebagai pandemik sebagaimana pengumuman resmi dari Direktur Jenderal WHO beberapa hari silam.

“Seperti yang sama-sama kita ketahui, saat ini virus Corona telah menjadi perhatian khusus di Indonesia, dimana per tanggal 14 Maret 2020 dilaporkan sebanyak 96 kasus positif terpapar virus Corona di beberapa Provinsi di Indonesia. Khusus untuk Kalimantan Selatan, Alhamdulillah hingga saat ini belum terdapat laporan positif virus Corona,” ungkap Agus Syabarrudin.

Saya mewakili seluruh manajemen Bank Kalsel, turut pihatin atas kondisi yang saat ini terjadi dan mendo’akan, semoga para korban dapat segera sehat wal’afiat, serta kami berharap agar musibah ini segera berlalu sehingga kita semua dapat kembali beraktifitas seperti sediakala.

Dirut Bank Kalsel, menambahkan, melalui himbauan ini, kami mengajak kepada para Kalselennial, nasabah setia, dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan untuk bersiaga dan waspada dengan memperhatikan dan menjaga kebersihan, serta meningkatkan pola hidup sehat. Hal ini dapat kita lakukan, seperti:

1. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, setidaknya 20 detik sebelum dikeringkan. Apabila tidak terdapat fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan hand sanitizer secara rutin.
2. Membatasi menyentuh bagian wajah (hidung, mulut dan mata) terutama setelah menyentuh instalasi publik.
3. Konsumsi gizi seimbang, tambah asupan vitamin, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta jaga daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur dan beristirahat yang cukup.
4. Hati-hati kontak langsung dengan hewan maupun dengan orang lain khususnya yang sedang dalam keadaan demam/batuk/flu.
5. Hindari bepergian ke daerah terjangkit, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
6. Dianjurkan menggunakan masker apabila berkunjung ke kawasan publik.
7. Segera periksakan diri Anda ke rumah sakit rujukan atau fasilitas kesehatan lainnya bilamana kondisi suhu tubuh Anda lebih dari 37,5 derajat celcius.

Ada pesan Rasulullah SAW:
“Jika kalian berada di sebuah tempat yang terserang wabah, janganlah kalian keluar darinya dan apabila kalian mendengar wabah itu di suatu tempat, janganlah kalian mendatanginya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Umar bin Khatab pernah pula mengatakan:
“Menghindari wabah bukanlah lari dari takdir Allah, tapi berpindah dari suatu takdir”.

Demikian himbauan ini Saya sampaikan untuk kita perhatikan bersama dan melaksanakannya dengan baik. Disiplin untuk diri kita sendiri akan membantu keselamatan bagi orang lain.

“Selanjutnya, mari kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT untuk selalu melimpahkan rahmat dan hidayah serta perlindungan kepada kita semua. Wabillahi Taufiq Wal HidayahW Wassalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh,” pungkas Dirut. (adv/ad)

Check Also

Anggota DPRD Sintang Himbau Untuk Terempoh Sehat

SINTANG, suaraborneo.com – Masyarakat khususnya di Sintang mengenal budaya berkunjung ke rumah satu sama lain …