Tingkatkan Kreativitas Menulis, Biro SDM Polda Kalsel Gelar Pelatihan Jurnalistik

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Kombes Pol Ari Wahyu Widodo, S.I.K. diwakili Kabag Binkar Ro SDM Polda Kalsel AKBP Kelana Jaya, S.I.K., M.H. menyampaikan kemampuan jurnalistik saat ini akan semakin penting dan strategis.

Sebab kemampuan menulis digunakan untuk mempublikasikan, menginformasikan kebijakan serta mengcounter berita-berita negatif khususnya di institusi Kepolisian.

“Kemampuan jurnalistik ini, menuntut profesionalisme seluruh personil Polri tidak hanya dari Bidang Kehumasan, namun juga Biro SDM yang berupaya memberikan informasi kepada masyarakat guna menjadikan Polri yang efektif serta berkinerja dengan baik,” tutur Kabag Binkar Ro SDM Polda Kalsel AKBP Kelana Jaya, S.I.K., M.H, didampingi Kasubbid PID Bid Humas Polda Kalsel Drs. Hamsan saat memberikan motivasi dan semangat kepada para Operator Biro SDM Polda Kalsel, Kamis (19/3/2020).

Untuk itu, AKBP Kelana Jaya, S.I.K., M.H. mendukung personil Polri khususnya para Operator Biro SDM Polda Kalsel dalam meningkatkan kinerja dan kemampuan penulisan narasi berita melalui Website dengan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan dunia jurnalistik.

Melalui kesempatan ini, ia berharap para Operator Biro SDM Polda Kalsel dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam bidang jurnalistik sehingga dapat mendukung kegiatan Kepolisian guna memberikan informasi bagi masyarakat luas.

Dalam kesempatan ini dijelaskan mengenai teknik-teknik dalam penulisan berita. Dengan komponen penting yang perlu diperhatikan dalam menulis berita yakni judul, angle, dan lead berita. Seperti pembuat judul yang harus pendek.

Selain itu, upayakan membuat judul menggunakan kalimat aktif. Sedangkan angel berita merupakan sudut pandang dari sebuah peristiwa. Sebuah peristiwa yang sama akan ditulis dengan cara yang berbeda-beda oleh setiap penulis. Angel itu tergantung sudut pandang dari mana penulis melihatnya.

Terkait lead berita, dijelaskan bahwa lead merupakan kalimat pembuka atau kepala berita. Lead berita harus merupakan kalimat terbaik dari seluruh kalimat yang ada dalam sebuah naskah berita. Namun, hal yang penting dan harus dipenuhi dalam lead berita yaitu konsep 5W 1H. 5W 1H merupakan singkatan dari What, Who, When, Where, Why, dan How. Info terpenting yang ingin disampaikan penulis harus disampaikan di sini. (*/ad)

Check Also

Bupati : Atasi Karhutla, Presiden Dan Menteri Tertarik Inovasi SPA

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyampaikan inovasi …