178 PMI Non Prosedural di Pulangkan ke Tanah Air Lewat PLBN Entikong

ENTIKONG, SuaraBorneo – Sebanyak 178 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermasalah saat berada di negara serawak Malaysia dipulangkan ke tanah air melalui branda terdepan NKRI Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong Kabupaten Sanggau. Sabtu, (21/3/2020).

Wni yang dipulangkan tersebut karena bermasalah menjadi pekerja migran indonesia (PMI) secara ilegal atau non prosedural.

Pemulangan WNI Pmi non prosedural ini terdiri dari dua jenis pemulangan yakni Deportasi 146 orang dan Repatriasi 32 dengan total 178 orang yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Hari ini kami dari KJRI Kuching mendampingi peroses pemulangan 178 orang WNI yang bermasalah dan sudah menjalani peroses hukuman di negara serawak Malaysia,” ungkap Rony Fajar Purba Staf Teknis Imigrasi KJRI Kuching.

Rony mengatakan, pemulangan terbagai menjadi dua jenis yakni Deportasi dan Repatriasi ” Pemulangan Deportasi 146 orang dan Repatriasi 32 orang,” kata Ronny.

“Permasalah mereka terkait keimigrasian maupun kriminal termasuk di situ ada narkoba,” ujarnya.

Peroses pemulangan PMI non prosedural akan di fasilitasi oleh Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia P4TKI Entikong yang selanjutnya akan dibawa ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat untuk memfasilitasi ke kampung halaman mereka masing masing. (Bry)

Check Also

Dampak Covid-19, Anggaran Peningkatan Jalan Status Provinsi di Sanggau Terpangkas

SANGGAU, SB – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar yang dipimpin H Subhan Nur menemui …