Antisipasi Penyebaran Corona, KPU Balangan Menunda Tiga Tahapan Pilkada

PARINGIN, SuaraBorneo – Sebagai upaya dukungan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan, menunda tiga tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani, mengatakan pada Rapat Koordinasi Penundaan Tahapan Pemilihan Tahun 2020 di Aula KPU Kabupaten Balangan ini, pihaknya akan mentindak lanjuti dengan Surat Keputusan KPU Kabupaten Balangan yang berlaku mulai, Senin (23/3/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Untuk Penetapan keputusan penundaan tahapan Pilkada itu, akan kami tindak lanjuti dengan Surat Keputusan KPU Kabupaten Balangan sambil menunggu arahan KPU baik provinsi maupun pusat,” katanya.

Sementara ungkap Saripani, dasar dari penundaan ini memperhatikan Surat Edaran KPU Nomor 8/2020 tentang pelaksanaan keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tiga tahapan pemilihan yang ditunda, yaitu, Verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan PPDP, serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.”Pungkas Saripani.

Diketahui, dalam Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Polres Balangan, perwakilam Kodim 1001 Amuntai-Balangan, Bawaslu Balangan dan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Balangan. (Mr)

Check Also

Gereja Kristus Tersalib stasi Selalong 1 Diresmikan Uskup Sanggau

SEKADAU, suaraborneo.com – Gereja Kristus Tersalib Stasi Selalong I Stasi Paroki Sekadau keuskupan Sanggau diresmikan …