Tim Satgas Covid 19 Kapuas Cek Warga, Lakukan Penyemprotan Disinfektan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Tim Satgas Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Kabupaten Kapuas yang diketuai oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah terus melakukan upaya gerak cepat dalam menanggulangi penyebaran virus, salah satunya dengan mengadakan pengecekan suhu tubuh dan edukasi terkait pencegahan kepada pengendara yang hilir mudik melintasi Kabupaten Kapuas serta penyemprotan cairan disinfektan diwilayah Kabupaten Kapuas.

Bekerjasama dengan Polres Kapuas, Polsek dan Kodim 1011/KLK serta Koramil, Tim Satgas melakukan pengecekan dan edukasi di dua titik perbatasan yaitu wilayah perbatasan Anjir kilometer 14, Kecamatan Kapuas Timur (Kapuas – Kalsel) dan di wilayah perbatasan Desa Batu Nindan Jalan Trans Kalimantan kilometer 14, Kecamatan Basarang (Kapuas-Pulang Pisau).

Dilokasi tersebut dibangun Posko Satgas Covid-19 dengan memanfaatkan tenda dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas. Selain itu, juga dibangun Posko Induk di Depan RSUD Kapuas dan tiap titik Posko Satgas disediakan tempat mencuci tangan.

Ketua Tim Satgas Covid Kapuas Andres Nuah bersama jajaran saat ditemui di Posko Wilayah Perbatasan Basarang, Minggu (22/3/2020) siang, menghimbau agar masyarakat tidak berpergian dulu sementara waktu apabila tidak ada keperluan mendesak dan tetap berada dirumah karena hal ini dapat meredam penyebaran virus Covid-19.

“Kami juga menghimbau kepada Masyarakat Kabupaten Kapuas dan khalayak luas agar kita mewaspadai Virus Corona yang sedang menimpa masyarakat dunia termasuk Indonesia bahkan Kalimantan tengah maupun Kalimantan Selatan. Kabupaten Kapuas saat ini belum ada yang terjangkit, untuk itu kita pertahankan Kabupaten Kapuas bebas dari Virus Corona,”ucap Andres.

Lebih lanjut demi mempertahankan hal itu Andres Nuah mengatakan setiap masyarakat yang datang maupun keluar daerah akan diperiksa kesehataannya terutama suhu tubuh. Diharapkan apabila masyarakat merasakan hal-hal yang kurang nyaman dengan tubuhnya agar melaporkan ke posko yang sudah ditetapkan dan akan dilakukan pengawasan serta dilayani sebaik mungkin.

Sementara itu, Hal senada juga disampaikan Ketua Bidang Humas, Dokumentasi dan Informasi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas, H Junaidi menjelaskan sebagai bentuk kesiapsiagaan sesuai instruksi dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yaitu mencegah dan memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Kapuas yang ingin bepergian keluar daerah agar mereka memahami bahwa penularan virus ini sangat berbahaya dan dianjurkan kembali kerumah masing-masing apabila tidak mempunyai keperluan mendesak.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan kenderaan keluar dan masuk dengan pemeriksaan suhu tubuh setiap penumpang yang ada dan apabila ditemukan ternyata pendatang bukan dari penduduk Kapuas maka kami akan suruh kembali kedaerahnya masing-masing tetapi apabila penduduk Kapuas maka kita akan observasi terus yang bersangkutan, giat ini direncanakan efektifnya selama 30 hari kedepan,” terang H Junaidi.

Kemudian pada Senin (23/3/2020) Tim Satgas Covid 19 melakukan penyemprotan cairan disinfektan diwilayah Kabupaten Kapuas diantaranya yaitu perbatasan Kecamatan Kapuas Timur, perbatasan Kecamatan Basarang dan area Pasar Kuala Kapuas, kemudian akan dilakukan penyemprotan kembali secara bertahap kedepannya dilokasi yang berbeda.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat ditemui di posko induk Tim Satgas Covid 19 Kapuas bertempat di depan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, tidak berkumpul dikeramaian serta selalu mencuci tangan dengan sabun setiap saat.

“Setelah sebelumnya dilakukan pembangunan posko dibeberapa tempat, maka tahapan selanjutnya yaitu penyemprotan cairan disinfektan.

Diharapkan dengan dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan ini dibeberapa titik dapat mencegah masyarakat Kabupaten Kapuas dari terpapar virus corona,” pungkas Wabup. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Dampak Covid-19, Anggaran Peningkatan Jalan Status Provinsi di Sanggau Terpangkas

SANGGAU, SB – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar yang dipimpin H Subhan Nur menemui …