Tiga Dusun di Desa Sungai Mawang Akan Gelar Ritual Adat Tolak Bala

SANGGAU, SuaraBorneo – Menindaklanjuti himbauan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau terkait dengan adanya paparan wabah virus corona atau covid-19 yang saat ini masih menjadi perhatian serius oleh pemerintah di Negara Indonesia terlebih Provinsi Kalimantan Barat yang sudah terjangkit saat ini untuk melaksanakan Ritual adat tolak bala sekecamatan di Kabupaten Sanggau.

Kecamatan Mukok, Desa Sungai Mawang merupakan salah satu bagian dari Kecamatan dan Desa yang berada di Kabupaten Sanggau akan mengelar Ritual Tolak Bala pada hari Sabtu, 28 maret 2020 mendatang meliputi Dusun Pulau Bali, Bali Buci dan Bali Manunggal Desa Sungai Mawang sebagai upaya untuk mengusir wabah virus corona tersebut menurut tradisi adat dayak.

Hal tersebut disampaikan oleh Antonius Leo, Kepala Desa Sungai mawang yang juga Sekretaris Dewan Adat Dayak Kecamatan Mukok saat dikonfirmasi melalui whatsap.

“Khusus di Desa Sungai mawang meliputi Dusun Pulau Bali, Bali Buci dan Bali Manunggal akan mengelar ritual adat tolak bala sebagai upaya mengusir wabah virus covid-19 saat yang ini masih menjadi perhatian serius oleh pemerintah setiap negara di penjuru dunia,” Jelas Antonisu Leo Sekretaris DAD Kecamatan Mukok yang juga Kepala Desa Sungai Mawang. Kamis, (26/3/2020).

“Untuk Dusun lain di Desa Sungai Mawang Kecamatan Mukok ini juga akan mengelar dalam waktu yang tidak terlalu lama jarang dengan tiga Dusun ini,” Kata Leo.

“Ritual ini akan di gelar besok pagi hari sabtu dipusatkan di Dusun Pulau Bali Desa Sungai Mawang,” ungkapnya.

“Kegiatan Ritual Tolak Bala menurut tradisi masyarakat Dayak Kecamatan Mukok, Desa Sungai Mawang meliputi Dusun Pulau Bali, Bali Buci dan Bali Manunggal ini kita berdoa kepada tuhan melalui adat tradisi dan budaya nenek moyang kita dulu sehingga tradisi ini harus kita lestarikan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Adat dan Temenggung Desa Sungai mawang sangat mendukung penuh kegiatan ritual adat tolak bala ini.

“Ritual ini tujuannya kita berdoa kepada Tuhan guna untuk menangkal virus covid-19 yang sekarang lagi marak dibicarakan, sekaligus membudayakan tradisi adat budaya” ungkap Dominikus MD, Pengurus Adat Dusun Pulau Bali Desa Sungai Mawang.

“Kepada seluruh masyarakat Desa Sungai Mawang supaya ikut ambil bagian dan mendukung penuh dalam acara adat ini,” tambah Dominikus MD

“Semoga nanti jika sudah terlaksana Ritual tolak bala ini wabah virus corona bisa lenyap dan kembali kepada asal mulanya,” Tutupnya.

Semoga saja dengan di gelarnya ritual adat ini diharapkan apa yang diinginkan dapat terwujud nyata.

Penulis : Pelemus Suradi
Editor : Bobirianto
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

Dua Posko Pantau Didirikan Guna Antisipasi Penyebaran Virus

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas sesuai arahan …