Tiga Dusun di Desa Sungai Mawang Sukses Gelar Ritual Adat Tolak Bala

SANGGAU, SuaraBorneo – Menindak lanjuti himbauan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau terkait dengan adanya paparan wabah virus corona atau covid-19 yang saat ini masih menjadi perhatian serius oleh pemerintah di Negara Indonesia terlebih Provinsi Kalimantan Barat yang sudah terjangkit saat ini untuk melaksanakan Ritual adat tolak bala sekecamatan di Kabupaten Sanggau.

Kecamatan Mukok, Desa Sungai Mawang merupakan salah satu bagian dari Kecamatan dan Desa yang berada di Kabupaten Sanggau sukses melaksanakan Ritual Tolak Bala pada hari Sabtu, 28 maret 2020 meliputi Dusun Pulau Bali, Bali Buci dan Bali Manunggal Desa Sungai Mawang sebagai upaya untuk mengusir wabah virus corona menurut tradisi adat dayak.

Ritual tolak bala tersebut dihadiri oleh masyarakat serta tokoh agama suku Dayak dan Jawa yang ada d wilayah tiga dusun tersebut. “Harapan kami seluruh masyarakat bisa melaksanakan pantang sesuai dengan yang di paparkan oleh tukang Pongang tadi,” ungkap Dominikus Masdani selaku pemuntuh kampung Bali.

“Ritual yang dipusatkan di Dusun Pulau Bali Desa Sungai Mawang, merupakan upaya pengurus adat dan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona covit-19 yang sangat meresahkan saat ini,” ungkapnya.

“Semoga setelah terlaksana Ritual tolak bala ini wabah virus corona bisa lenyap dan kembali kepada asal mulanya,” Tutupnya.

Sinyan, tukang pomang ritul tolak bala tersebut menambahkan untuk pantang akan berakhir hari Minggu, 29 Maret 2020 pukul 16:00 WIB. “Pantang dari ritual ini khususnya buat masyarakat d tiga dusun tidak keluar rumah sampai jam 4 sore besok, dan sayuran seperti pakis, rebuk, tengkuyung dll, seperti yang telah diberitahu sebelum nya, supaya ditaati dan d patuhi”. Ungkap beliau.

Semoga saja dengan di gelarnya ritual adat ini diharapkan apa yang diinginkan dapat terwujud nyata.

Penulis : Pelemus Suriadi
Editor : Bobirianto
Sumber : suaraborneo.com

Check Also

Kampanye Paslon PANAH Disambut Antusias Warga Desa Manggala dan Nanga Pintas

MELAWI, SUARABORNEO – Menjelang akhir masa kampanye safari politik pertemuan dengan warga di sejumlah Kecamatan …