Satgas Covid-19 Terus Upaya Lakukan Pencegahan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kapuas Andres Nuah pimpin rapat evaluasi kegiatan Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas di Tenda Posko Jalan Maluku Kuala Kapuas diikuti oleh seluruh anggota Satgas Covid-19, senin (30/3) pagi.

Dalam rapat tersebut mendengarkan laporan maupun penjelasan dari masing-masing tim dalam pelaksanaan tugas di lapangan baik yang sudah, sedang maupun rencana yang akan dilaksanakan kedepan.

Upaya-upaya yang sudah maupun yang sedang dilaksanakan oleh Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas guna menangkal penularan virus Covid-19 di Kabupaten Kapuas antara lain memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melewati media cetak, elektronik, Online, Radio, Baliho, spanduk serta Videotron.

Disamping itu juga juga satgas secara langsung melakukan pemberian masker, vitamin dan penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah maupun tempat umum lainnya seperti rumah ibadah, pasar serta perkampungan padat penduduk dan melakukan pengawasan di perbatasan Kapuas-Banjarmasin maupun Kapuas-Pulang Pisau dengan mendirikan posko serta penempatan personil.

Sampai dengan tanggal 29/3/2020 di Kabupaten Kapuas data terupdate perkembangan penanganan virus corona (covid-19) ODP sebanyak 19 orang terdiri dari Kecamatan Selat 6 orang, Mantangai 6 orang, Bataguh 1 orang, Kapuas Hulu/Barimba 1 orang, Pulau Petak/Tatas 1 orang, Kapuas Barat/Mandomai 1 orang, Kapuas Timur 1 orang serta Kapuas Tengah/Pujon 2 orang sedangkan untuk PDP Nol orang dan Positif Nol orang.

Perlu diinformasikan bahwa anggota posko penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kapuas terdiri para Kepala OPD Kabupaten Kapuas, Direktur RSUD dr H.Soemarno Sosroadmojo Kuala Kapuas beserta seluruh Jajaran, Camat, para Pimpinan Puskesmas se Kabupaten Kapuas, Kades serta Tenaga kesehatan Perusahaan yang dengan aktif melakukan koordinasi serta menyampaikan laporan perkembangan situasi di daerah masing-masing ke Posko Induk.

Ditempat terpisah, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengungkapkan bahwa penangganan Ini merupakan tugas berat yang harus diselesaikan secara bersama-sama, saling bahu membahu dimulai dari OPD sampai dengan tingkat RT dan RW, bagaimana bersama melindungi masyarakat dari bahaya virus corona. Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh camat agar menyampaikan kepada masyarakat untuk menghindari pengumpulan orang banyak seperti perkawinan, kegiatan agama, kumpul-kumpul dan lain-lain.

“ini tugas kita bersama bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat dan beritahukan bahwa untuk sementara waktu masyarakat diminta untuk melakukan pengisolasian diri secara mandiri untuk menghindari penyebaran virus corona sehingga Kabupaten Kapuas terbebas dari virus yang mematikan ini,”ucap Ben. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …