Malaysia Lockdown, 1300 Orang Pelintas Lewati PLBN Entikong

SANGGAU, SuaraBorneo – Sejak terhitung tanggal 18 maret 2020 hingga saat ini Pemerintah Negara Malaysia mengambil kebijakan untuk melakukan Lockdown disetiap pintu perbatasan salah satunya pintu yang berbatas langsung dengan Negara Indonesia yakni Pos Lintas Batas Negara PLBN Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat sebagai upaya untuk mengurangi dan memutus rantai wabah virus covid-19 atau corona.

Selama Lockdown, Perlintasan orang di Pos Lintas Batas Negara PLBN Entikong Kabupaten Sanggau sudah sebanyak 1300 Orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari negara serawak Malaysia melintasi PLBN Entikong.

“Data perlintasan yang kami catat sejak Malaysia melakukan Lockdown terhitung tanggal 18 hingga 30 maret 2020 sebanyak 1300 orang pelintas yang melewati PLBN Entikong,” Jelas Ricky Himerly Supervisor TPI Entikong. Selasa, (31/3/2020).

“Sedangkan untuk warga negara Malaysia yang berada di tanah air pulang ke negara asalnya melewati PLBN Entikong sebanyak 66 orang pelintas,” ujar Ricky.

Sementara itu, Warga Negara Indonesia yang pulang kembali ke tanah air melalui jalan tikus atau jalur tidak resmi sektor kanan pos lintas batas negara PLBN Entikong sebanyak 49 orang dan 2 orang melewati jalan tidak resmi Dusun Segumon Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

“Sejak tanggal 19 maret 2020 sampai dengan hari ini WNI yang pulang kembali ke tanah air lewat jalur tidak resmi sebanyak 49 orang sektor kanan PLBN Entikong dan 2 orang lainnya dari jalan tidak resmi yang ada di Dusun Segumon,” Jelas Letkol Inf Kukuh Suharwiyono Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang.

Ia menambahkan, dengan maraknya pemanfaatan jalan tidak resmi di wilayah perbatasan Kecamatan Entikong dan Sekayam Kabupaten Sanggau untuk pulang kembali ke tanah air dari Negara Serawak Malaysia pihaknya akan terus meningkatkan pengamanan dan pengawasan, pasalnya, wilayah perbatasan merupakan daerah rawan.(Bry)

Check Also

Dampak Covid-19, Anggaran Peningkatan Jalan Status Provinsi di Sanggau Terpangkas

SANGGAU, SB – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar yang dipimpin H Subhan Nur menemui …