Pandemi Virus Covid-19, Pemkab Sanggau Cek Kondisi Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pangan

SANGGAU, suaraborneo.com – Mencermati perkembangan kondisi stabilitas harga pangan dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat sebagai implikasi terjadinya penyebaran wabah Covid 19, maka dilaksanakan pengawasan terpadu untuk memastikan ketersediaan, keterjangkauan sekaligus keamanan pangan dan beberapa komoditi penting kebutuhan masyarakat di beberapa wilayah Kabupaten Sanggau, sehingga Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sanggau melakukan inspeksi mendadak (Sidak) khusus di Kota Sanggau.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, H. Roni Fauzan, SE, M.Si memimpin tim untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di pasar tradisional dan toko-toko sembako di sejumlah pasar yang ada di Kota Sanggau, Rabu (1/4/2020).

Usai sidak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, H. Roni Fauzan ketika di wawancara menyampaikan terkait harga dan ketersediaan bahan pangan di Kota Sanggau stabil.

“Ada kenaikan harga pun tidak begitu signifikan seperti bawang merah dan bawang putih. Untuk gula yang memang stok agak kurang dan harganya kisaran satu kilonya Rp 19.000 hingga Rp 20.000. Akan tetapi kita sudah komunikasikan dengan pihak Bulog untuk awal April ini mungkin sudah bisa lancar lagi stok untuk gula dari Jakarta akan turun,” ucapnya.

Ia juga mengatakan harga dan ketersediaan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, telur dan yang lainnya masih aman.

“Untuk beras tidak ada kenaikan harga dan untuk telur ada kenaikan sedikit, tetapi untuk stok aman,” ujar Asisten II Setda Sanggau, Roni Fauzan.
Asisten II Setda Sanggau, H. Roni Fauzan juga menghimbau agar masyarakat Sanggau untuk tidak panik terkait harga dan ketersediaan bahan pangan.

“Kami sampaikan kepada masyarakat Sanggau untuk tidak panik, ketersedian bahan pangan aman dan suplay dalam satu bulan sekali maupun satu minggu sekali tetap lancar. Sehingga dihimbaukan kepada masyarakat untuk tidak panik dan untuk stok bahan pangan di Sanggau hingga empat bulan kedepan masih aman,” tuturnya.(Bry)

Penulis : Alfian

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …