Cegah Covid-19, Satgas Yonif R-641/Bru Pastikan Semua WNI dari Malaysia Terdata

SANGGAU, SuaraBorneo.com – Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru bersama dengan semua instansi pemerintah diwilayah perbatasan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap WNI yang masuk dari Malaysia melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong.

Masuknya ratusan WNI dari Malaysia lewat PLBN Entikong setiap hari menjadikan Pos Lintas Batas Negara ini sebagai salah satu kunci pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Kalimantan Barat dan Indonesia.

Satgas Yonif R-641/Bru bersama semua stakeholder berpartisipasi dalam proses pendataan dan pemeriksaan WNI tersebut sehingga dapat dipantau sampai ke daerah tujuannya.

Dansatgas Yonif R-641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, mengatakan, “Pelintas batas yang melalui PLBN Entikong ini bukan warga Kalimantan Barat saja, namun berasal dari berbagai pulau, seperti Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Nusa Tenggara, dll. Mereka harus terdata dengan lengkap agar dapat dipantau pasca pulang dari daerah terjangkit Covid-19.” Sabtu, (4/4/2020)

Alur pemeriksaan sudah disiapkan dan dilengkapi infografis untuk memudahkan WNI yang datang. Setiap WNI harus melalui proses pencucian tangan, penyemprotan disinfentan untuk barang-barang yang dibawa, kemudian disiapkan ruang tunggu, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, pencatatan biodata dan riwayat kesehatan, pemeriksaan imigrasi, pemeriksaan bea cukai dan penyiapan kendaraan pengangkut WNI.

“Ini tanggung jawab bersama, jadi bisa dilihat disini bahwa semua instansi bekerjasama guna memastikan semua protokol kesehatan dilalui dengan baik,” tambah Kukuh.

Hingga saat ini tercatat 1.789 orang telah melewati PLBN Entikong sejak 19 Maret 2020 dan 62 orang melewati jalur tidak resmi di sektor kanan dan kirinya. (Bry)

Check Also

Walau Sudah Berlangsung Daring, Para Ulama Tetap Banyak Berdatangan di Persidangan Despi

KOTABARU, SB – Walau sudah dilaksanakan secara daring, sidang Despianoor tetap dipadati para ulama dari …