Bupati Video Conference Dengan Camat dan Kepala Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Menyiasati kondisi saat ini terkait dengan adanya tindakan pencegahan pandemik Covid-19 dimana setiap orang harus melaksanakan social distancing dan physical distancing maka pada Selasa pagi (14/4/2020) pagi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas bersama dengan Tim Satgas COVID-19 Kabupaten dan TA P3MD berinisiatif menerapkan teknologi komunikasi informasi yang ada untuk menyelenggarakan Rapat Koordinasi dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi pandemik Covid-19 dengan seluruh Kecamatan dan Desa se Kabupaten Kapuas melalui Video Conference (vidcon).

Kegiatan yang melibatkan 17 Camat dan seluruh Kepala Desa ini secara khusus membahas beberapa hal penting diantaranya percepatan penyaluran DD/ADD Tahun Anggaran 2020, penyesuaian kebijakan Pemerintah Pusat terkait penggunaan DD/ADD Tahun Anggaran 2020 dan membuka akses komunikasi dan koordinasi tetap terus berjalan dalam rangka pengendalian manajemen penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

Rakor tersebut berjalan dengan lancar dengan adanya komunikasi yang interaktif dengan para Camat dan Kepala Desa khususnya pada sesi tanya jawab meski Rakor melalui vidcon ini baru pertama kali dilaksanakan.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Bupati Kapuas berpesan dan memberikan arahan agar tiap-tiap desa dapat mengaktifkan Posko Desa Siaga Covid-19 selama 24 jam penuh, dimana salah satu tugasnya adalah mengawasi dan mendata warga yang datang.

“Fungsi posko desa ini agar menjaga warga masyarakat untuk tidak bepergian keluar daerah terutama ke daerah yang berzona merah. Selaim iti juga untuk melakukan pengecekan terhadap warganya bersama petugas kesehatan secara door to door,” terang Ben.

Kemudian, Ben meminta untuk menyiapkan tempat cuci tangan yang dengan menggunakan tandon atau tong yang besar dan diisi air bersih. Sementara itu kepada petugas yang berjaga, Ben meminta agar dapat diberikan insentif oleh desa dengan menggunakan DD/ADD dan kepada Camat untuk berkeliling dari desa ke desa guna melakukan pemantauan setiap hari.

“Terakhir saya berpesan kepada para Camat dan Kepala Desa untuk selalu menjaga kesehatan agar bisa terus bersemangat dan maksimal dalam melayani warga masyarakatnya dan mencegah pandemik COVID-19 ini meluas di khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas,”imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PMD, Yanmarto, SH, M.Hum menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terima kasih terhadap kehadiran Bapak Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S. Bahat, MM, MT yang terus mendukung dan secara khusus berkesempatan untuk hadir, dimana beliau pada saat itu bisa menyapa dan bertatap muka langsung melalui vidcon serta menyampaikan pesan dan arahan kepada seluruh Camat dan para Kepala Desa.(DPMD/hmskmf/ujang/ery).

Check Also

Nyaman Beribadah, Bank Kalsel Bantu Renovasi Mushola

BARABAI, SuaraBorneo – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan menjadikan …