Wabup Askiman Pimpin Langsung Operasi Pasar Desa Perbatasan

SINTANG, suaraborneo.com – Wakil Bupati (Wabub) Sintang Drs Askiman MM pimpin lansung Operasi pasar ke desa perbatasan Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu sekaligus di dampingi tim Gugus Tugas pemantau dampak covid – 19 Kabupaten Sintang yang sedang melanda di daerah Kabupaten Sintang.

Adapun tim yang gugus tugas pemantau Covid 19 yang ikut dalam rombogan terdiri dari Forkopimda serta Unsur Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Sintang,kegiatan ini di laksanakan pada hari kamis, (16/4/20).

Iringan Rombongan mobil bertolak dari Kabupaten Sintang menuju desa desa di perbatasan disambut dengan penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke desa yang akan menjadi sasaran Operasi Pasar murah dari dinas.

Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,dan Usah Kecil Menengah Kabupaten Sintang guna meninjau harga bahan pokok yang ada di daerah perbatasan sekaligus melakukan Operasi Pasar murah bagi masyarakat di desa – desa yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia tersebut.

Sasaran Operasi pasar di mulai pada hari Kamis tanggal 16 April 2020 berjumlah 3 desa yakni, desa Sungai Seria, desa Entelik, dan desa Muakan, kecamatan Ketungau Hulu, ketiga desa tersebut masing di lakukan operasi pasar dengan harga sembako yang menyesuaikan dengan harga subsidi dan masing – masing ketiga desa tersebut
mendapat 100 kg persatu komoditi dari bahan pokok, seperti gula pasir, bawang merah dan bawang putih, minyak goreng, serta telur ayam, masing – masing komoditi bahan pokok dijual dengan harga murah, seperti gula pasir yang harga sekarang mencapai Rp 25 000 per/kg, dengan Operasi pasar dijual harga 15 000 perkilo nya, bawang merah dan bawang putih harga 70 000, dijual dengan harga 30 000 perkilonya telur ayam dijual dengan dengan harga 1300 perbutir serta minyak goreng kemasan di jual dengan harga Rp 15 000 perkemasan serta barang kebutuhan pokok lain dengan harga yang bevariasi.

Wakil Bupati Askiman mengatakan
mengingat kondisi ekonomi saat ini sangat terpuruk di semua sektor akibat wabah virus covid 19 yang sedang melanda terutama sembako sembilan bahan pokok, pemerintah daerah Kabupaten Sintang dalam hal ni melakukan Operasi Pasar ke sejumlah desa yang ada di pembatasan yakni desa desa yang ada di Kecamatan Senaning, Ketungau hulu, dilanjutkan hari kedua tanggal 17 April 2020 rombongan wakil Buapti serta tim gugus tugas penanganan dampak Covid 19 melanjutkan operasi pasarkan ke beberapa desa yg berdekatan dengan perbatasan Malaysia ada 7 desa yang menjadi sasaran operasi pasar di hari kedua, juga masing – masing desa mendapatkan 100kg barang perkomoditi. Jadi total desa yang menjadi sasaran Operasi Pasar di Kecamatan Ketungau Hulu sebanyak 10 desa, total sembako untuk Operasi Pasar murah di Kecamatan Senaning Ketungau Hulu mencapai 4 ton.

Pemerintah perlu melihat daerah pembatasan apa yang mengakibatkan harga – harga sembako melonjak begitu pesat sehingga pemerintah daerah peduli dan perlu meninjau kelapagan guna mengetahui harga barang sembako yang langka, serta melihat stok barang kebutuhan pokok yang ada.

Menurut wakil Bupati Sintang desa Sungai Seria ini tidak mengalami guncangan yang kuat karena desa ini masih berdekatan dgn Kecamatan Balai Karangan Kabupaten Sanggau, tetapi kita tetap mengantisipasi stok barang sembilan bahan pokok untuk daerah perbatasan ini, kita akan atur pendistribusian sembako yang akan di ambil dari Kabupaten Sintang untuk kita menjaga jangan sampai ada penimbunan oleh pedagang atau tengkulak di masa sulit begini.

“Selain kita melakukan Operasi Pasar murah, kita juga ingin mensosialisasikan terkait kasus covid 19 yang sedang melanda sekarang ini, penting bagi kita datang kesini melihat sejauh mana ketakutan juga kepanikan masyarakat atas isu virus corona ini.
Karena kita sudah membentuk tim gugus tugas pemantau serta pencegahan wabah Covid-19 Kabupaten Sintang.
Perlu kita ketahui sejauh mana kesigapan serta kesiapan perangkat desa dan pihak kecamatan dalam mengantisipasi dan cara penanganan yang benar dalam mengahadapi virus corona covid-19 ini,” ungkap Wakil Bupati Sintang.

Seperti kita ketahui Daerah perbatasan sangat rawan penyebarannya, sebab masih banyak pekerja – pekerja dari negara kita yang mengantungkan hidupnya bekerja disana jadi perlu kita waspadai bagi pekerja yang akan pulang ke daerah kita melewati jalan-jalan tikus atau jalan tidak resmi perlu kita periksa, kita data, kita tanya riwayatnya juga harus kita tangani dengan prosedur standar kesehatan yang benar menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena negara malaysia sudah masuk zona merah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah H. Sudirman mengatakan, “Operasi Pasar ini kita lakukan untuk membantu masyarakat yang saat ini mengalami guncangan Ekonomi terutama kebutuhan yang paling dasar seperti sembako, untuk itu perlu kita lakukan Operasi Pasar murah guna meringankan beban warga yang kesulitan mendapatkan sembako.”

“Sasaran kita adalah desa – desa yang akses nya jauh dari kota Kabupaten, sebab pendistribusian sembako jelas terbatas memungkinkan harga jual sembako akan melambung tinggi (mahal). Disamping kita melakukan Operasi Pasar murah, kita juga meninjau stok-stok barang yang ada, yang kita takutkan di saat kesulitan seperti ini ada pedagang/tengkulak nakal yang sengaja menimbun atau menyimpan barang dagangan nya sehingga bisa di jual dengan harga yang lebih mahal,” ungkap Sudirman.

Selain melakukan Operasi Pasar Murah sembilan bahan pokok, Kepala Badan Pengangulangan Bencana Daerah Ir Bernard Saragih, juga ikut serta dalam rombongan tim Gugus Tugas pemantau covid-19 sekaligus membagikan masker kain secara gratis yang di jahit oleh UMKM kabupaten Sintang, melalui Dinas Desperindagkop kepada masyarakat.

Menginggat masker saat ini memgalami kelangkaan di pasaran dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi memperdayakan UMKM Kabupaten Sintang untuk memproduksi masker secara masal untuk di bagikan kepada warga yang kesulitan mendapatkan masker untuk melindungi diri dari virus corona dovid-19. (Ps)

Check Also

Patahkan Klaim Indonesia Politica Studies, Indikator Rilis Prediksi Kemenangan ZR 60,3 Persen

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Indikator Politik Indonesia adalah sebuah lembaga survey independen nasional yang terdaftaf di …