Rukyatul Hilal Tentukan 1 Ramadhan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bertempat di menara pandang Masjid Agung Al Mukarram Amanah, beberapa tokoh agama di Kabupaten Kapuas melakukan pemantauan atau Rukyatul Hilal sebagai bagian dari proses penentuan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah, Kamis (23/4/2020) sore.

Tampak hadir mengikuti kegiatan tersebut Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan, Kepala Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni, Ketua ICMI Kabupaten Kapuas Dr H Junaidi dan Ketua Muhammadiyah H Masrani serta beberapa tokoh pengajian agama.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni menjelaskan kegiatan Rukyatul hilal atau pemantauan hilal ini dilakukan sesuai dengan anjuran Menteri Agama yang mana rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka untuk memberikan kepastian dalam menetapkan 1 Ramadhan.

“Kegiatan pemantauan hilal ini rutin dilaksanakan setiap tahun di wilayah Indonesia, dan pada tahun ini kembali dilaksanakan pemantauan guna memberikan kepastian dalam menetapkan 1 Ramadhan 1441 H,” kata Ahmad Bahruni.

Kemudian dirinya mengungkapkan walaupun saat pemantauan hilal tersebut terhalang oleh kondisi awan yang mendung, akan tetapi harus tetap dilakukan pemantauan hilal sesuai dengan anjuran dan kemudian untuk hasilnya akan dikirim kepada Menteri Agama.

Ditempat yang sama, Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas, KH Nurani Sarji menambahkan kegiatan pemantauan seperti ini akan dilaksanakan kembali menjelang 1 Syawal sebagaimana kewajiban yang dilakukan setiap tahunnya. “Dalam setiap tahun, ada dua kali dilakukan pemantauan atau rukyatul yaitu menjelang 1 ramadhan dan 1 syawal,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Bupati, Trend Kasus Covid-19 Kapuas Menurun

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim.S Bahat MM MT menyatakan, trend kasus …