Tekan Penyebaran Covid 19, BI Kalteng Serahkan Bantuan Wastafel Portable ke Gugus Tugas

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Guna menekan penyebaran Covid 19, BI Kalteng menyerahkan bantuan Wastafel Portable Kepada Gugus Tugas Covid-19 Menekan Penyebaran Covid 19 di Palangka Raya Kamis (30/4/2020).

“Ini dedikasi BI untul negeri dan bentuk kepedulian,”kata Perwakilan BI Kalteng, Rihando.

Dikatakan, Kalimantan Tengah menjadi salah satu Provinsi yang masuk dalam kategori zona merah dalam penyebaran Covid 19.

Setiap hari, Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Kalimantan Tengah mengumumkan penambahan pasien yang positif Covid 19. Data per hari Rabu, 29 April 2020 terdapat 128 kasus positif Covid-19 dan 110 orang pasien masih dalam perawatan dengan pasien terbanyak berada di Kota Palangka Raya.

Semakin banyaknya kasus positif tersebut membuat Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid 19 ini.

Oleh karena itulah, lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian atas bencana Covid 19, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalteng melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) secara berkelanjutan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Pada tahap awal, telah diberikan bantuan kepada tenaga medis berupa masker N 95 dan extra fooding serta bantuan kepada wartawan melalui PWI Kalteng berupa vitamin, susu dan madu. Hari ini Kamis/30 April 2020, KPwBI Prov. Kalteng kembali memberikan bantuan dalam bentuk sarana prasarana kesehatan berupa wastafel portabel yang akan diletakkan pada tempat-tempat umum seperti pasar, rumah sakit, taman kota, pelabuhan, dan tempat ibadah.

Saat ini kami telah menyiapkan 20 buah wastafel yang pembuatannya bekerjasama dengan RS. TNI AD Kalimantan Tengah dan akan menyusul 20 buah wastafel lagi dalam waktu dekat, begitu diinformasikan Kepala Perwakilan BI (Ka.KPw BI) Prov. Kalteng, Sdr. Rihando. Penyediaan wastafel ini sejalan dengan himbauan dari Walikota Palangka Raya kepada instansi dan lembaga untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Penyerahan wastafel dilakukan langsung oleh Ka.KPwBI Prov. Kalteng didampingi oleh Kepala Rumah Sakit TNI AD Kalteng, dr. Alex Ranuseto, Sp.PD serta Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Sdr. Yudo Herlambang kepada Gugus Tugas Covid 19 Kota Palangka Raya, Sdri. Emi Abriyani, SE, MSi.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada KPwBI Prov. Kalteng atas bantuan wastafel yang diberikan kepada masyarakat Palangka Raya, semoga usaha yang dilakukan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19,”ujar Emi dari Gugus Tugas Covid 19 Kota Palangka Raya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Alex Ranuseto juga menginformasikan bahwa wastafel tersebut akan disebar letaknya dibeberapa tempat sesuai koordinasi dengan Gugus Tugas Covid 19 Kota Palangka Raya.

Adapun, rencana penempatan wastafel bantuan tersebut yaitu di Pasar Citra/Besar, Pasar Kahayan, Pasar Rajawali, Masjid Darusalam, Masjid di Jalan Gatot Subroto, Masjid di depan BRI Cabang, Gereja Katolik di Jalan Tjilik Riwut, Pelabuhan Kereng, Pelabuhan Rambang, Taman Bawah Jembatan, Taman Bundaran Seth Adji, Yos Sudarso, Terminal Darmosugondo, RS TNI dan Bapelkes.

“Jika tahun lalu kerjasama dengan KPwBI Prov. Kalteng dalam bentuk pengobatan gratis kepada masyarakat yang terdampak kabut asap, maka kali ini kami kembali menyambut baik ajakan kerjasama pembuatan wastafel untuk digunakan masyarakat umum,”ujar dr. Alex dari RS. TNI AD Kalteng.

“Semoga kerjasama yang terus terjalin antara KPwBI Prov. Kalteng dengan berbagai pihak, dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19, #BILawanCovid-19,”terangnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Berikan Edukasi, Bank Kalsel Corner Hadir di Perpustakaan Umum Daerah HSU

AMUNTAI, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel Cabang Amuntai bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Hulu Sungai …