WNI Pulang dari Malaysia Lewat Jalan Tikus di Perbatasan Entikong Meningkat

ENTIKONG, SuaraBorneo – Pasca negara tetangga Malaysia melakukan lockdown di setiap pintu perbatasan RI-Malaysia guna mencegah dan memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 hingga saat ini, termasuk di beranda terdepan NKRI wilayah Kalimantan Barat, yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, para WNI yang masih berada di negara Malaysia dan hendak pulang ke tanah air masih ditemukan memanfaatkan jalan tikus atau jalur tidak resmi sektor kiri maupun kanan PLBN Entikong. Bahkan jumlahnya semakin meningkat ketika memasuki bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Pada bulan April 2020 lalu, WNI yang pulang dari negara tetangga Malaysia melewati jalan tikus atau jalur tidak resmi di sektor kiri maupun kanan PLBN Entikong tercatat sebanyak 317 orang.

Sedangkan dalam satu pekan terakhir ini WNI yang pulang melewati jalan tikus sektor kiri maupun kanan PLBN Entikong sudah sebanyak 72 orang.

“Hingga saat ini, para WNI pelintas batas yang pulang dari Malaysia melewati jalan tikus atau jalur tidak resmi di sektor kiri maupun kanan PLBN Entikong makin meningkat,” ungkap Letkol Inf Kukuh Suharwiyono Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang. Kamis, (7/5/2020).

“Sebagai contoh dalam dua hari terakhir ini sudah sebanyak 24 WNI pelintas batas yang kami amankan dan langsung dibawa ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak wilayah kerja Entikong guna menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Covid-19,” ujar Kukuh.

“Selain itu, kami juga menyiapkan alat pengukur suhu tubuh atau thermogun dui setiap pos jalan tikus,” tambahnya.

Menyikapi semakin meningkatnya WNI yang pulang dari Malaysia melewati jalan tikus, pihaknya akan tetap meningkatkan pengamanan maupun pengawasan selama 1 x 24 sehari sehingga para WNI yang pulang dari Malaysia bisa dipastikan terdata semua dan melalui protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, dalam kondisi krisis corona ini pihaknya juga mewaspadai terhadap penyeludupan. (Bry)

Check Also

Nyoman Slogo (75) : Saya Senengnya sama Pa Zairullah Dari Dulu, Beliau Sering Berkunjung Ke Desa dan Membantu Kami

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Antusias warga Bali di Desa Kerta Buana Kecamatan Sungai Loban untuk memberikan …