KPU Bengkayang Siap Laksanakan Tahapan Pilkada Jika di Mulai Desember 2020

BENGKAYANG, suaraborneo.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang siap melanjutkan tahapan pemilihan kepada daerah, pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada Desember mendatang. Hal tersebut sebagai bagian dari dampak Pandemi Covid-19. KPU Bengkayang tentu akan tetap mengikuti aturan dan menindaklanjuti PERPPU No. 2 tahun 2020.

Sebelumnya, rencana Pilkada di Kabupaten Bengkayang akan digelar pada bulan September 2020, akan tetapi sesuai dengan peraturan maka ditunda hingga Desember.

“Belum pasti ini, masih menunggu perkembangan Covid-19. Jika memang ada perkembangan di bulan Juni nanti, setelah itu baru dapat dipastikan,” ujar, Musa Jairani, Ketua KPU kabupaten Bengkayang, Minggu (10/5).

Namun menurut Musa yang akrab disapa, dalam tahapan pelaksanaan KPU tetap menunggu peraturan KPU RI mengingat saat ini masih terjadi wabah Covid-19. Ia menyatakan sesuai dengan PERPPU nomor 2 tahun 2020. Pilkada serentak Bupati dan Wabup ini akan kembali digelar pada bulan Desember 2020 mendatang.

“Intinya masih melihat kondisi dan situasi saat ini. Semoga wabah ini cepat berlalu,” ujar Musa.

Lanjut Musa, terkait dengan PERPPU tersebut masih akan ditinjau kembali apakah Pilkada akan dilaksanakan atau tidak pada bulan Desember, mengingat saat ini pemerintah pun masih dihadapkan dengan Covid-19, dan pemerintah masih konsen menangani hal tersebut.

Sementara untuk anggaran pelaksanaan tahapan Pilkad Bengkayang juga sudah tidak diganggu, dan masih tersimpan di rekening KPU.

“Pada prinsipnya KPU siap melaksanakan tahapan Pilkada. Namun saat ini memang tahapan sedang ditunda, kita tunggu sampai ada instruksi lebih lanjut. Untuk kesiapan anggaran pun masih tersimpan di rekening, ketika nanti tahapan sudah berjalan kita siap,” ungkapnya.

Musa berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga tidak menggangu jalannya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bengkayang, termasuk juga daerah yang melakukan Pilkda serentak tahun 2020.

Sebelumnya juga KPU Bengkayang telah menunda beberapa tahapan lainnya seperti menerbitkan Keputusan menunda masa kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Tahun 2020.
Penundaan masa kerja Badan Ad-Hoc tersebut menindak lanjuti Keputusan KPU RI Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 tertanggal 21 Maret 2020. (Sr)

Check Also

Gereja Kristus Tersalib stasi Selalong 1 Diresmikan Uskup Sanggau

SEKADAU, suaraborneo.com – Gereja Kristus Tersalib Stasi Selalong I Stasi Paroki Sekadau keuskupan Sanggau diresmikan …