Tagana Kapuas dan Misi Kemanusiaan Di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh : Ahmad Suhaili

Di tengah upaya Bangsa Indonesia memerangi penyebaran disease COVID 19, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah turut serta terjun ke lapangan melaksanakan aksi menanggulangi virus ini.

Tagana secara proaktif melalui Dinas Sosial Kabupaten Kapuas setempat melakukan aksi nyata terlibat dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 bertanggung jawab dalam pengelolaan logistik Dapur Umum.

Secara umum Tagana bagi Mensos, memiliki makna tersendiri. Tagana adalah relawan sejati yang bekerja tanpa pamrih untuk misi kemanusiaan.

Di Kabupaten Kapuas Tagana bersama unsur relawan lainnya bergerak cepat namun bagi Mensos dan Dinas Sosial Tagana adalah pasukan yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan bencana membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID 19 untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.

Tagana adalah relawan kemanusiaan/tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari unsur masyarakat. Mereka memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana di bidang perlindungan sosial.

Tagana memiliki kemampuan dan keterampilan dalam penyelamatan korban bencana, psikososial, shelter, dapur umum, logistik, advokasi sosial, evakuasi, pendamping sosial, DVI (Disaster Victim Investigation), dan komunikasi.

“Tercatat saat ini jumlah personil Tagana Kabupaten Kapuas berjumlah 55 orang dengan orientasi berbagai bidang tugas,”kata Koordinator Tagana Kabupaten Kapuas Rahmadi yang mengantongi predikat Tagana Teladan tingkat nasional kepada wartawan Sabtu (16/5/2020).

Seiring berjalannya waktu, Tagana Kabupaten Kapuas terus berkembang hingga saat ini telah memiliki Sahabat TAGANA. Mereka berasal dari berbagai profesi di antaranya jurnalis, dan pekerja seni, organisasi masyarakat, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan menjelaskan, konteks kelembagaan kedudukan Tagana berada di bawah Kementerian Sosial dan bertanggung jawab kepada Menteri Sosial melalui Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam.

Kedudukan Tagana di provinsi berada di bawah pembinaan Dinas Sosial Provinsi Kabupaten/Kota*******

Check Also

Dirut Bank Kalsel Raih Gelar Doktor

BANJARMASIN, SB – Drs Agus Syabarrudin MSI akhirnya meraih gelar Doktor setelah ujian terbuka program …