Dinyatakan Sembuh, Pasien Covid-19 Asal Sanggau Dipulangkan

SANGGAU, SuaraBorneo – Setelah menjalani perawatan sekitar dua bulan di ruang isolasi RSUD Ade Mohammad Djoen Sintang, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kabupaten Sanggau Yohanes Andriyus Wijaya dinyatakan sembuh. Minggu (17/5). Pria berusia 51 tahun yang akrab disapa Andre ini diperbolehkan pulang ke rumahnya setelah dua kali pemeriksaan PCR yang hasilnya dinyatakan negatif

Keluar dari rumah sakit rujukan tersebut, Andre disambut sukacita oleh Bupati Sintang Jarot Winarto dan petugas medis di rumah sakit. Mengenakan baju batik warna coklat dengan masih mengenakan masker ia kemudian menyempatkan diri untuk menyampaikan beberapa patah kata di hadapan bupati dan tenaga medis.
“Saya menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan perawat yang menemani saya siang malam. Saya tidak bisa memberikan apa-apa, tapi saya yakin bahwa Tuhan melihat apa yang kita lakukan,” ujarnya.

Bagi Andre, dua bulan dirawat bukan waktu yang sebentar. Bahkan sempat muncul skenario agar ia bisa pulang ke Sanggau. Namun pada akhirnya ia tetap memutuskan tetap berada di Sintang.

“Saya harus membuktikan bahwa rumah sakit sintang bisa menyembuhkan pasien Covid-19, ini menjadi penyemangat saja. Dan saya yakin ini merupakan suatu kebanggaan buat pak Bupati (Sintang) dan rekan-rekan di sini bahwa seorang sudah positif Covid-19, bisa disembuhkan,” tutur Andre.

Ia menyebut, pelayanan selama dirawat di rumah sakit juga memberikan semangat luar biasa bagi kesembuhannya. “Saya tidak pernah mendapat pelakuan yang kasar dari perawat, semuanya ramah. Itu memotivasi saya untuk segera sembuh. Yang jelas bahwa Ade Muhammad Djoen is the best,” ucap Andre memuji pelayanan RSUD Sintang.

Dengan ditemani Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sanggau Ginting, Andre kemudian meninggalkan rumah sakit. Ketika menuju ke mobil penjemputannya, ia masih mendapat lambaian tangan sebagai ucapan perpisahan dari petugas medis yang menanganinya dan bupati Sintang yang selalu mengontrol kesehatannya

Dihubungi via pesan whatsap, ia belum bisa berbagi cerita perjuangannya melawan Covid-19 hingga akhirnya dinyatakan sembuh. “Rasa bahagia dan haru karena bisa sembuh dari Covid-19. Dan juga ucapan syukur kepada Tuhan karena atas kemurahan dan kebaikan-Nya saya bisa sembuh,” tulisnya, Minggu (17/5).

Meski sudah dinyatakan sembuh, Andre mengungkapkan, ia memilih untuk tetap berada di rumah hingga beberapa minggu ke depan. “Di rumah dulu, dua minggu lagi baru masuk kantor,” tutupnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengatakan, pasien positif Covid-19 asal Sanggau yang dirawat di RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang dinyatakan sembuh dan telah tiba di Kabupaten Sanggau.

“Yang bersangkutan sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan PCR, sudah dua kali negatif. Kondisinya saat ini sudah sangat sehat dan bugar,” kata PH melalui pesan WhatsApp, Minggu (17/5).

Walapun sudah dinyatakan sembuh, Bupati Sanggau dua periode ini menyatakan, yang bersangkutan selama 7 hari tetap berada di rumah. “Selama 7 hari di rumah dan tidak menerima tamu. Selanjutnya setelah 14 hari bisa beraktivitas seperti biasa,” tutur PH. (Bry)

Check Also

Kunjungan Bungkong Baru, Wabup Sintang Tenangkan Warga Sikap Aksi Penyegelan Kantor Desa

SINTANG, suaraborneo.com – Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM melakukan kunjungan kerja ke Dusun Bungkong …