Tangani Covid-19 Pentingnya Komunikasi Bersama

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Guna penanganan perkembangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terindifikasi pertama kali di Provinsi Wuhan China dan merupakan pandemi global, maka di perlukan penyampaian informasi dan komunikasi yang baik oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tentang covid 19 kepada masyarakat. Sebab komunikasi adalah bagian terpenting dalam menghadapi ancaman pandemi dan kepercayaan publik perlu dibangun serta dijaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat agar penanganan dapat berjalan dengan lancar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes mengutip dari Dokumen Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid 19 mengatakan sekarang ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah mengambil berbagai langkah dalam mengatasi wabah pandemi ini, salah satunya yaitu dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan, meningkatkan sinergi antar kementrian/lembaga dan Pemerintah Daerah, antisipasi eskalasi penyebaran dan meningkatkan kesiapan, kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dan merespon covid 19.

Dirinya menjelaskan Bencana pandemi dan wabah penyakit covid 19 memiliki potensi risiko yang cukup besar apabila tidak dilakukan pengendalian secara cepat dan komprehensif. Untuk itu Pemerintah RI telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yang dapat melakukan pendataan dan kajian terkait covid 19 melalui Tim yang di tunjuk.

“Koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu kunci penting dalam percepatan penanganan covid 19, oleh sebab itu Gugus Tugas bertugas sebagai koordinator yang dapat melibatkan seluruh lintas kementerian teknis yang juga dapat didukung oleh seluruh stakeholder yang ada dan mitra non-pemerintah,”ungkapnya.

Kadis Kominfo menuturkan dengan kondisi sekarang ini, sangat penting bagi masyarakat untuk mendukung setiap langkah yang di ambil oleh gugus tugas, sebab dengan kerjasama yg baik antara gugus tugas dan masyarakat maka akan mampu menuntaskan penularan covid 19. “Hal tersebut sesuai dengan arahan dan ajakan Bupati Kapuas yaitu dengan kekompakan, kebersamaan, dan persaudaraan serta kerjasama yang baik maka kita pasti bisa tuntaskan covid 19 ini,”imbuhnya.

Ia menambahkan kepercayaan publik perlu dibangun dan dijaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat dan agar penanganan covid 19 dapat berjalan dengan lancar. Maka persepsi tentang kesiapan dan keseriusan Pemerintah perlu disampaikan kepada publik melalui penjelasan yang komprehensif dan berkala dengan menjelaskan apa yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemerintah.

“Dalam penanganan bencana pandemi covid 19 ini, faktor keamanan dan keselamatan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam penanganan yang juga didukung oleh tenaga ahli yang berkompeten dalam menyusun kebijakan dan menjamin adanya mekanisme yang baik keseluruh pihak,”tukasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Ary Egahni : Warga Kalteng Diharapkan Pelaku Utama Pembangunan Food Estate

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Anggota DPR RI dari Kalimangan Tengah Ary Egahni mengharapkan warga Kalteng …