Peran Aktif Dunia Pendidikan Hadapi New Normal

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) DR H Sonedi M.Pd Kamis (28/5/2020) mengatakan

peran aktif dunia pendidikan tinggi (kampus) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap tatanan kehidupan normal baru (new normal life) terkait pandemi Covid-19.

Keadaan dan keberadaan
sangat dibutuhkan. Sebab, new normal life menuntut masyarakat untuk mampu berdaptasi.

“Dengan situasi dan lingkungan yang masyarakat
Masyarakat harus mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru, yang mengharuskan mereka memperkuat kekebalan tubuh jasmani,”katanya.

Selain itu, masyarakat juga harus mampu beradaptasi dalam rutinitas mereka, dengan mengurangi kontak fisik, menghindari kerumuman, bekerja dan bersekolah dari rumah saja.

Dikatakan, intinya new normal life menuntut adanya transformasi perilaku, budaya, dan nilai-nilai yang ikut tergerus dalam proses transformasi.

“Di sinilah peran pendidikan tinggi sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat agar mereka mampu bertransformasi secara baik dalam menghadapi Covid-19,”terangnya.

Kondisi tersebut, katanya lagi, tidak hanya terjadi di dalam kampus saja seperti respons dosen dan mahasiswa, tetapi juga di kalangan masyarakat umum.
Sambil menunggu panduan dari Kemendikbud.
Lebih lanjut dikatakan, pengurus tinggi harus
menyiapkan variabel-variabel diantaranya, sistem layanan akademik online, sarana cuci tangan, masker. “Dan yang penting adalah literasi dan kesiapan SDM dosen dan tenaga pendidik untuk menyambut new normal,”tutupnya. (ujang/ery-SB)

Check Also

Kapolda Aceh Layak Pimpin Polri

BANDA ACEH, SuaraBorneo.com – Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada, sangat layak pimpin Polri menggantikan …