Hadapi Corona dan Persiapan New Normal, Kodim 1007/Bjm Gelar Tatap Muka Bersama Masyarakat

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sosialisasi perkembangan Covid-19 serta persiapan melaksanakan perilaku baru kehidupan normal “New Normal”, Kodim 1007/Banjarmasin gelar tatap muka bersama masyarakat sebagai tugas bantuan kepada Pemko dalam rangka operasi penanggulanagan bencana non alam wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kota Banjarmasin, Jum’at (29/5/2020) pagi, bertempat di Aula Makodim 1007/Banjarmasin, jalan S. Parman.

Komandan Kodim (Dandim) 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul menyampaikan, hari ini kita mencoba melakukan kegiatan tatap muka dengan para pelaku usaha baik itu restoran, mall, pasar-pasar tradisional, bertemu dengan mereka, berdiskusi, juga mensosialisasikan terkait dengan beberapa informasi, pertama perkembangan Covid-19 di kota Banjarmasin, kedua rencana pemerintah akan melaksanakan tatanan perilaku baru kehidupan normal, yang lazin disebut “New Normal”.

“Apakah kota Banjarmasin ini termasuk daerah yang menerapkan New Normal, sebelum ditetapkan, kita harus melakukan tahapan-tahapan, pertama tatap muka pelaku usaha ini, apa itu new normal?, kedua jika diberlakukan, semua perangkat, baik pelaksanaan tugas penegakan disiplin, maupun para stakeholder yang menjadi tempat keramaian, mereka juga harus siap melakukan kegiatan menuju new normal. Apapun keputusan dari pemerintah kita sudah mempersiapkan diri, dari jauh-jauh hari,” katanya.

Dandim menambahkan, sosialisai ini difokuskan bagaimana mendisiplinkan orang perorang maupun para pelaku usaha kepada karyawan untuk melaksanakan protokol kesehatan, maupun mengunjung, dengan mempersiapkan tempat cuci tangan, jaga jarak (social distancing).

“Pada prinsifnya kita tidak bisa menerapkan sanksi karena mendisiplinkan harus mempunyai tahapan, dengan cara sosialisasi/pendekatan, apabila masih bandel, maka akan kita terapkan sesuai dengan aturan yang berlaku diserahkan kepada pihak yang berwenang, TNI tidak mengedepankan sanksi yang kita inginkan kesadaran masyarakat yang lebih penting, klo mau sadar merupakan ibadah dengan mengikuti protokol kesehatan,” harap Dandim. (ad-sb)

Check Also

Bupati Sampaikan Keberhasilan Kabupaten Kapuas Dalam Menanggulangi Karhutla

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyampaikan bahwa …