Tujuh Desa Sudah Salurkan BLT DD di Bengkayang

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com – Sebanyak Tujuh Desa di kabupaten Bengkayang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap pertama pada warga yang terdampak Covid-19.

Kepala DPMPD2T Kabupaten Bengkayang, Dodorikus menyatakan, dari 122 desa yang ada di kabupaten Bengkayang hingga saat ini sudah ada tujuh desa yang melakukan penyaluran BLT DD. Sisanya masih menyelesaikan Musdessus dan melakukan verifikasi data dan survei.

“Sebenarnya sudah delapan desa yang sudah menyalurkan BLT DD, cuma yang sudah masuk datanya ke kita ada tujuh desa. Yang lain rata-rata baru selesai Musdessus tinggal persiapan,” ungkap Dodorikus, Senin (1/6).

Tujuh desa yang telah salurkan BLT DD seperti Desa Siaga yang dapat 135 KK. Desa Belimbing 117 KK. Desa Sebente 94 KK. Desa Tanjung 43 KK. Desa Goa Boma 128 KK. Desa Pulau Lemukutan 142 KK, dan desa Seren Selimbau 50 KK.


“Tujuh desa yang sudah ada datanya. Jadi kami laporkan sementara tujuh dulu bukan delapan desa. Minggu ini baru kita rekap kembali,” ujar Dodorikus.

Kepala Desa Sebente, Tino menyatakan pihaknya sudah menyalurkan BLT DD 100 persen. Ia menyatakan, ada sebanyak 111 Kepala Keluarga (KK) yang terampak Covid-19 di Desa Sebente sudah menerima BLT DD.

“Penerima BLT DD ini dibagi menjadi dua kriteria yakni penerima bersyarat dan untuk warga kurang mampu. Untuk kriteria bersyarat ini warga yang memiliki penghasilan usaha mandiri namun juga terdampak covid-19,” ujar Tino.

Penyaluran BLT DD tahap pertama ini Rp600ribu per KK. Sementara ada 94 orang warga yang menerima BLT non syarat, dan 17 warga penerima BLT bersyarat.

“Untuk bisa memperoleh BLT DD warga wajib membawa data diri seperti foto copy KTP dan KK. Kemudian data akan di verifikasi oleh penyalur yakni pihak desa. Setelah itu Penerima bisa mengambil BLT DD,” ucapnya.

Penyaluran BLT DD ini kata Tono dilakukan secara transparan, dan ia berharap dapat menopang kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Tino menambahkan, bagi rumah penerima BLT DD bersyarat wajib ditempelkan stiker yang bertuliskan miskin. Syarat tersebut juga tidak boleh dibuka selama tiga bulan kedepan.

“17 KK yang menerima BLT DD bersyarat ini adalah yang juga terdampak covid-19. Mereka adalah warga yang memiliki usaha mandiri, termasuk karyawan swasta. Rumah yang terima BLT DD bersyarat wajib menempel stiker yang bertuliskan “Kami Warga Miskin” yang ditempelkan selama tiga bulan. Jika Penerima bersyarat mencabut stiker atau sengaja maka dianggap mengundurkan diri dari penerima bansos, dan wajib membuat tanda tangan pengunduran diri,” jelas Tino.

Tino kembali menyebutkan, sebenarnya ada 234 Kepala Keluarga, dan 900 lebih jiwa di Desa Sebente pada masa pandemi covid-19 ini sudah merata mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Penerima PKH 44 KK, Bantuan Sosial Tunai (BST) 58 KK, Penerima Kartu Keluarga Sejahtera 5 KK, Kartu Prakerja 2 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 18 KK, BLT-DD 94 KK. Jika jumlah penerima bantuan pemerintah di kurangi jumlah seluruh KK di Desa Sebente tersisa 13 KK yang tidak menerima. 13 KK ini mereka yang berprofesi PNS, TNI-Polri, dan Perangkat Desa,” ulasnya.

Desa Harus Teliti

Ketua P-APDESI kabupaten Bengkayang, Rezza Praja Herlambang meminta agar setiap desa teliti dalam melakukan cross check dilapangan. Sehingga data yang disajikan benar akurat, sehingga bantuan dapat bermanfaat.

“Proses dan tahapan BLT DD ini terus berlangsung. Setiap hari ada progresnya dan harus dimaklumi desa dalam hal ini bertindak hati-hati mengingat BLT DD ini ditujukan untuk mengcover masyarakat yang layak dapat sesuai kriteria. Namun yang belum sama sekali dapat bantuan pemerintah,” ucap Rezza.

Lanjutnya, desa perlu hati-hati dalam bertindak, yang artinya desa perlu teliti dalam melakukan cross check di lapangan sehingga data yang tersaji nanti benar-benar akurat.

“Selain dapat bermanfaat bagi masyarakat juga tidak ada temuan atau kesalahan administrasi dan sebagainya. Jadi mohon untuk kita semua mengikuti tahapan dan prosedur yang sudah diatur. Semoga bantuan BLT DD ini dapat tersalur dengam cepat dan tepat,” pungkasnya. (Sr).

Check Also

Bupati HSS dan Wakil Sambut Baik Kunjungan Pengurus PCNU

KANDANGAN, Suaraborneo.com- Bertempat diruang kerja Bupati HSS ,Kunjungan para pengurus Cabang Nahdatul Ulama HSS ,Dalam …