SatPol PP Kapuas Rapid Test

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Demi memastikan para anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kapuas bebas dari virus Covid-19, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Syahripin bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melakukan pemeriksaan rapid tes terhadap para personil atau anggota yang bertugas dilapangan karena rentan terpapar Covid-19, Rabu (3/6/2020).

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Syahripin menerangkan bahwa kegiatan rapid tes yang dilakukan terhadap anggotanya tersebut bukan sekedar untuk mengetahui apakah anggota terpapar Covid-19, tetapi juga untuk memeriksa kesehatan mereka. Kerena mereka dilapangan berisinggungan langsung dengan masyarakat dalam beberapa bulan ini.

“Pada saat mereka melaksanakan tugas, kami tidak menginginkan ada anggota yang bertugas di lapangan dalam keadaan terpapar Covid-19 dan sakit,” ucap Syahripin.

Kemudian, dirinya juga menghimbau kepada anggotanya agar dalam menjalankan tugas selalu mentaati protokol kesehatan yaitu tetap mengunakan masker, jaga jarak serta menjaga kesehatan tubuh bila merasa badan tidak sehat dan sakit. Dirinya mengingatkan untuk tidak memaksakan diri dalam bertugas dan mempersilahkan untuk beristirahat dirumah serta melaporkan diri apabila kondisi tubuh menurun yang mana ini demi kesehatan dan keamanan bersama.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Teguh Yunianto mengatakan, bahwa anggota SatPol PP dan Damkar Kapuas dilakukan pemeriksaan rapid tes karena Satpol PP dan Damkar rawan terpapar dikarenakan tugas mereka dalam percepatan penanganan Covid-19 seperti di pos-pos satgas, dirumah karantina, pasar dan tempat-tempat umum lainya, yang secara bergiliran mereka bertugas.

“Kami meminta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas untuk memeriksa kesehatan anggota kami supaya bisa memastikan anggota yang akan bertugas nantinya saat di berlakukanya PSBB dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19, kerena mereka akan berinteraksi dengan orang lain,”ungkap Teguh.

Lebih lanjut, Teguh Yunianto menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan di Kantor SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, dan dalam pelaksanaan rapid tes yang di ikuti seluruh anggota SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas dinyatakan para anggota non raktif Covid-19. (satpolpp/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Dewan Pers Minta SMSI Kawal Pelaksanaan Pilkada

CILEGON, SuaraBorneo – Dewan pers meminta para jurnalis dari perusahaan media massa yang tergabung dalam …