Gubernur: Kalteng Siap Gelar Pilkada Serentak 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) memastikan, kesiapan Kalteng menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Hal itu disampaikan Sugianto Sabran saat memimpin Rapat koordinasi (Rakor) terkait Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Provinsi Kalteng bertempat di Istana Isen Mulang, pada Jumat Malam (5/6/2020).

“Kalteng di bulan Desember 2020 ini melaksanakan 2 Pilkada yaitu Pilkada tingkat Provinsi Kalteng dan Pilkada Kabupaten Kotawaringin Timur,”ungkap Gubernur Sugianto.

Rapat ini merupakan tindak lanjut Rakor sebelumnya dengan Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan melalui video conference, terkait aturan-aturan dalam pelaksanaan pilkada serta penerapan protokol kesehatan, yang akan dilaksanakan pada bulan Desember nanti.

“Sebagai Gubernur Kalteng yang diamanatkan sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat, kami mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pilkada serentak ini walaupun Kalteng salah satu provinsi yang berdampak terhadap wabah Covid-19,”tegas Gubernur Sugianto Sabran.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedy Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua KPU Prov. Kalteng Harmain Ibrohim, Ketua Bawaslu Prov. Kalteng Satriadi, Inspektur Prov. Kalteng Sapto Nugroho, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Agus Pramono, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Prov. Kalteng Nuryakin serta beberapa pihak terkait.

“Dalam tahapan Pilkada serentak ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu tetap memperhatikan protokol kesehatan, misal salah satu disiapkan tempat cuci tangan untuk peserta pemilih,”ungkap Gubernur Sugianto.

Dalam rapat Gubernur Kalteng mengatakan semua tahapan pilkada yang berkaitan dengan pelaksanaan dilapangan terutama mengenai perlindungan kesehatan, dapat dikoordinasikan dengan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng.
Mengenai anggaran,”kata Sugianto Sabran.

Pemprov Kalteng siap dan sudah menyiapkan anggaran baik untuk penyelenggata Pilkada, keamanan sampai kesiapan rapid tes untuk protokol kesehatan.

“Anggaran siap, dan nanti dirapatkan kembali mengenai berbagai anggaran kesiapan lainya, kemudian disampaikan ke Mendagri dan pemerintah pusat,”tegas Sugianto.

Gubernur yang didampingi Ketua KPU, mencontohkan negara yang sudah sukses atau yang sudah melaksanakan Pilkada ditengah pandemi covid-19 yakni Swis, Taiwan pada 2 maret 2020, Tajikistan 1 maret 2020, Amerika dibagian arizona dan florida pada 17 maret 2020, serta Jepang.

“Negara negara ini yang disampaikan pa Ketua KPU yang kami cek juga yang sudah melaksanakan Pilkada 2020 ditengah oandemi covid-19. Ini juga nantinya dapat menghindupkan perekonomian di Indonesia khususnya di Kalteng, ditengah menghadapi tatanan kehidupan baru nantinya,”ucap Sugianto.

Mengenai kesiapan dan partisipan pemilih, Ketua KPU Kalteng Harmain, menyebutkan Pilgub 2016 dibawah 60 persepn partisipasinya. Sementara untuk tahun 2018 meningkat, dan pemilu 2019 sebanyak 79 persen pemilihnya.

“Tingkat partisipasi kalteng mulai membaik. Nantinya kami memulai dengan Keakuratan data pemilih, rekaman e-ktp, sosialisasi kepada masyarakat dan kesadaran untuk hadir pada pilkada itu yang ditekankan mulai saat ini di sosialisasikan. Termasuk Kita semua mensukseskan pilkada 9 desember 2020,”kata Harmain.

Mengenai tahapan pemilihan sampai pencoblosan, yang masih ditengah situasi pandemi virus corona, Harmain menyampaikan pilkada di masa covid-19, seluruh tahapan pemilihan dimulai pemutahiran data pemilih, pendaftaran calon, kampanye dan distribusi logostik, pencoblosan semuanya mentaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, atau rapid tes.

“Nantinya kami juga bersama sama gugus tugas Provinsi untuk menyiapkan rapid tes serta APD untuk petugas untuk protokol kesehatan. Nantinya juga untuk Pendaftaran calon 1-23 september, diatur untuk semaksimal mungkin 20 orang, sampai tahapan kampanye diatur.

Termasuk juga jam datang pencoblosan diatur agar tidak berkerumun. Misalnya jam 7-8 pagi, ke TPS berapa orang dengan kesiapan protokol kesehatan dan seterusnya,”ucap Harmain.

Sementara itu, Kapolda Irjen Dedy Prasetyo, bersama Danrem 102/PJG Brigjen Purwo, menegaskan siap menagamankan Pilkada serentak di Kalteng dan segera melakukan berbagai kesiapan mulai asesmen petugas di TPS hingga tahapan Pilkada.

“Polri Polda Kalteng dan TNI siap memgankan Pilkada serentak 2020 Kalteng dan Kotim,”tegas Dedy. (ujang/ery-SB).

Check Also

Pasca Banjir Bandang, Wakil Bupati Sanggau Tinjau Langsung ke Lokasi

SANGGAU, SB – Pasca terjadinya banjir bandang yang terjadi pada rabu sore 8 juli yang …