Kawasan Eks PLG Dipersiapkan Jadi Lahan Pangan Nasional

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kawasan eks PLG Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, dipersiapkan menjadi lahan pangan nasional.

Hal ini disampaikan, Menteri
Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Muhammad Basoeki Hadimoeljono ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas Sabtu (13/6/2020).

Menurutnya, ia terus mengupdate data terkait lahan pertanian eks PLG dengan luas 1.064 hektar aliran Sungai Barito – Sungai Kapuas hingga wilayah-wilayah kecamatan.

Lebih jauh Menteri PUPR mengatakan, secara umum Indonesia perlu memperkuat ketahanan pangan nasional. Sebab FAO memprediksi akan terjadi kekeringan pada lahan pertanian seperti di Indonesia.

Meski demikian, BMKG menyatakan, Provinsi Kalteng mencukupi untuk ketersediaan air lahan pertanian. “Mulai sekarang ini pentingnya penyiapan pengembangan lahan pertanian di daerah di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah yang kemudian dipersiapkan menjadi cadangan lahan pangan nasional,”jelasnya.

Karena itulah, tambahnya, Bapak Presiden telah memutuskan terkait memperkuat program ketahanan pangan nasional dengan mengembangkan potensi lahan pertanian salah satunya kawasan eks PLG Kalimantan Tengah.

Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni, SH mengapresiasi langkah pemerintah pusat memperkuat ketahanan pangan nasional yakni mengembangkan kawasan eks PLG.

“Harapan kita Kalteng menjadi lumbung pangan nasional dan masyarakat di daerah jangan hanya jadi penonton. Setidaknya jadi pelaku usaha dan bersama mendorong percepatan itu,”katanya.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Kapuas Menteri PUPR meninjau lahan pertanian di Kecamatan Dadahup didampingi diantaranya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat beserta jajaran Dinas PUPR Provinsi Kalteng. (ujang/ery-SB).

Check Also

Gereja Kristus Tersalib stasi Selalong 1 Diresmikan Uskup Sanggau

SEKADAU, suaraborneo.com – Gereja Kristus Tersalib Stasi Selalong I Stasi Paroki Sekadau keuskupan Sanggau diresmikan …