Sampaikan Eksepsi Di Agenda Sidang Kedua Diananta, Kuasa Hukum : Harusnya Perkara Diananta Selesai Di Dewan Pers

BATULICIN, SB – Sidang kedua eks Pemimpin Redaksi banjarhits, Diananta Putra Sumedi di Pengadilan Negeri (PN) Kotabaru, memasuki agenda pembacaan eksepsi, Senin (15/6/2020). Sidang ini turut dihadiri sejumlah jurnalis.

Sidang menggunakan video conference ini bisa diikuti live melalui laman facebook Koalisi untuk Masyarakat dan Kebebasan Pers yang dipandu Jurnalis Iwan Hardi dan Septiyandi Rahman

“Kita minta Diananta dibebaskan, karena dia hanya menjalankan tugasnya sebagai wartawan, memberitakan kejadian yang ada di masyarakat,” tegas Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Kalsel, Iwan Hardi.

Menurutnya, wartawan bertugas sesuai aturan Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Media Siber, dan Code of Conduct media masing-masing.

“Berita balas berita, bukan pidana,” tandas jurnalis senior Kotabaru ini.

Saat persidangan,ada sederet alasan keberatan disampaikan oleh kuasa hukum Diananta. Antara lain, kewenangan mengadili mengingat lokasi perkara berada di Banjarmasin, bukan di Kotabaru, dakwaan yang tidak dapat diterima atau surat dakwaan yang harus dibatalkan.

Oleh karena yang dilakukan terdakwa Diananta adalah kerja jurnalistik dan hasilnya pun adalah karya jurnalistik, maka tak seharusnya kasus ini bergulir di ranah pidana.

“Intinya kasus Diananta seharusnya sudah berhenti di meja Dewan Pers karena merupakan sengketa pers bukan di meja kepolisian hingga bergulir ke pengadilan,” ujar Bujino kepada awak media.

Sebelumnya di sidang perdana, 8 Juni 2020 , belasan jurnalis dari Kotabaru dan Tanah Bumbu melakukan aksi dengan membentangkan spanduk bertuliskan “Stop Kriminalisasi Wartawan, Bebaskan Diananta dan Save Kotabaru-Tanah Bumbu” di depan Kantor PN Kotabaru.
Aksi serupa juga diikuti oleh belasan jurnalis dan aktivis diBanjarmasin. Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan Stop Kriminalisasi Jurnalis,Bebaskan Diananta, Tuntaskan Konflik Agraria, Save Meratus,dan lain-lain. (Pp)

Check Also

Bupati, Trend Kasus Covid-19 Kapuas Menurun

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim.S Bahat MM MT menyatakan, trend kasus …