Kaban Linmas Kalteng Dorong SMSI Tangkal Berita Hoax

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kalteng, Agus Pramono menyambut baik keberadaan organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalteng.

Bahkan, ia mendorong SMSI Kalteng untuk bisa menjadi motor penggerak dalam rangka menangkal berita hoax di tengah arus informasi dan komunikasi yang terus berkembangan.

“SMSI ini saya kira bisa menjadi salah satu hal yang ikut berperan dalam menangkal berita hoax. Sebab, di tengah arus informasi saat ini, semua orang bisa menjadi wartawan untuk melaporkan sebuah informasi. Maka dengan keberadaan SMSI ini bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat mana yang hanya sebatas informasi biasa dan mana yang merupakan informasi berita dari sebuah media massa,” kata Kaban Linmaspol Kalteng, Agus Pramono didampingi Mathius, Kabid Ketahanan, Ekonomi, Sosial Budaya dan Ormas saat menerima pengurus SMSI Kalteng, Selasa (16/6/2020).

Terlebih lagi menurutnya, saat ini Kalteng menghadapi Pilkada serentak 2020, peran media massa sangat penting dalam mensosialisasikan suksesnya pelaksanaan pilkada.

Termasuk juga menyajikan pemberitaan yang sejuk agar pelaksanaan pesta demokrasi ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Target kita partisipasi pemilih pada pilkada ini paling tidak mencapai 79,95 persen. Oleh karena itu, peran media massa khususnya media daring yang bernaung di bawah SMSI Kalteng bisa ikut berperan dalam menyukseskan pelaksanaan pilkada tersebut,” kata mantan Pj. Bupati Kapuas ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SMSI Kalteng H. Sutransyah mengatakan, kedatanganya ini selain untuk bersilaturahmi juga sekaligus melaporkan tentang keberadaan SMSI Kalteng untuk bisa terdaftar di Kesbangpolinmas Kalteng.

“Secara langsung SMSI Kalteng memang belum dilantik karena kondisi yang tidak memungkinkan di tengah situasi pandemi covid 19 ini. Hanya saja secara legalitas formal SK dari SMSI pusat sudah kita terima dan untuk itulah kita melaporkan keberadaan SMSI Kalteng ini,” kata H. Sutransyah didampingi Ketua Dewan Penasehat Barthel B. Usin dan wakil ketua SMSI Kalteng bidang Diklat Irwansyah.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Barthel B. Usin menambahkan, sebagai salah satu sumbangsih SMSI Kalteng untuk pembangunan di Bumi Tambun Bungai, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar dialog peran serta media massa dalam ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020. (ujang/ery-SB).

Check Also

Bupati Sanggau dijadwalkan Buka Musyawarah Besar III PDKS

SANGGAU, SB – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, dijadwalkan membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) III …