Dansatgas Pamtas Yonif R-641 Pimpin Patroli Bersama di Perbatasan

SANGGAU, SB – Patroli jalan tikus atau jalan tidak resmi sektor kanan Pos Lintas Batas Negara PLBN Entikong Kabupaten yang diselengarakan oleh Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, secara online bersama seluruh jajaran Badan Karantina Pertanian, termasuk Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Entikong dan seluruh stakeholder Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri.

Pada kegiatan tersebut SKP Kelas I Entikong mendapat kepercayaan melaksanakan Patroli Bersama Jalur Darat di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia yang langsung disaksikan oleh Menteri Pertanian RI Bertindak sebagai pimpinan patroli adalah Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif R-641/Beruang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono.

Patroli bersama jalur darat yang rutin dilaksanakan oleh SKP Kelas I Entikong bersama Satgas Pamtas, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina Ikan dan PLBN Entikong berfungsi untuk pengawasan, penindakan dan penegakan hukum atas pelanggaran kegiatan ilegal di sepanjang perbatasan RI-Malaysia.

Sebelum melakukan patroli Letkol Kukuh memimpin penghormatan dan melaporkan kesiapan patroli kepada Mentan RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo S.H., M.Si, M.H.

Sekitar 50 personel dengan menggunakan 32 motor trail menyusuri Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) sektor kanan PLBN Entikong untuk memastikan jalan-jalan tikus tidak digunakan lagi sebagai jalur kegiatan ilegal.

Komandan Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru mengapresiasi adanya patroli bersama jalur darat yang diprakarsai Kementan RI ini karena memiliki kesamaan tugas yang saat ini diemban satuannya. “Kami juga bertugas untuk memperketat pengawasan jalur tidak resmi dalam rangka mencegah adanya kegiatan ilegal. Jadi sangat sejalan dalam kesamaan visi,” tutur Kukuh.

Patroli bersama jalur darat ditutup dengan yel-yel kebersamaan yang dipimpin oleh Bintara Pelatih Kompi Markas Satgas Yonif R-641/Bru Sertu Rudi. (Bry)

Check Also

Niat Tulus, Merubah Pemimpi Jadi Pemimpin

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H. Mohamad Sohibul Iman, Ph.D menyampaikan …