Pencegahan Karlahut Perlu Libatkan Masyarakat

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Tokoh muda bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila H Hidayat Provinsi Kaltengm menyambut baik, menyampaikan langkah strategi dalam upaya penanganan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kalimantan Tengah harus dilakukan agar ada upaya pencegahan sejak dini dan adanya partisipasi masyarakat.

Menurut mantan Anggota DPRD Kalteng ini, Rabu (17/6/2020) minimal ada tiga alternatif solusi dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di 13 Kabupaten dan satu kota.

Pertama, lakukan pendataan dan pemetaan kawasan yang rawan dan berpotensi terjadinya karlahut secara detail.

Kedua, melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan dini dan pengawasan melekat dimasyarakat terhadap karlahut.

Hal ini oleh Pemerintah Daerah dengan pelibatan tokoh masyarakat dan semua jejaring Rukun Tetangga (RT) serta semua pemilik perusahaan. Apabila ini efektif dilakukan maka akan sangat membantu upaya pencegahan dini dan kita berharap tidak akan terjadi kebakaran lahan dan hutan.

Ketiga, harus ada reward dan funishment. Reward baik bagi yang terlibat aktif dalam upaya pencegahan karlahut bagi pihak RT maupun perseorangan dengan penghargaan.

“Sementara, bagi yang melakukan pelanggaran baik perorangan, kelompok dan perusahaan harus ada sanksi tegas yang menjadi efek jera atau edukasi agar tidak mengulangi lagi,”ungkap aktivis sosial kemanusian dan alumni HMI dan kemanusiaan ini.

Menanggapi, harapan dan keinginan Heru Hidayat, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalteng H Habib Ismai Bin Yahya yang juga Wakil Gubernur ini sangat mendukung dan setuju sekali.
Keinginan kader potensial PKS itu, beradasarkan realita dan dasar yang cukup kuat adanya.(ujang/ery-SB).

Check Also

100 RTLH Masyarakat Balangan Selesai di Rehab

PARINGIN, SuaraBorneo – Sebanyak 100 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di dua desa di …