Mari Bersama Jaga Alam, Hindari Kabut Asap

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) DR. H. Sonedi, M.Pd mengingatkan, dan

menghimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah pada musim kemarau ini hendaklah menjaga dan jangan membakar lahan guna menghindari kabut asap.

Dan selaku akademisi dirinya,
Menanggapi dan memberikan apresiasi persiapan TNI Polri dalam menghadapi karhutla tahun 2020.

Hal ini membuktikan, keseriusan apatatur negara untuk melindungi warganya agar berhati-hati dalam menghadapi musim kemarau nanti.

“Kita tidak ingin terjadinya karhutla berpanjangan di kalimantan tengah karena berpedoman dari tahun sebelumnya yang berdampak kurang baik bagi lingkungan hidup. Apa lagi saat ini kita juga sedang menghadapi wabah pandemi covid 19,”sambung Sonedi yang juga Wakil Sekretaris Umum MUI Kalteng itu kepada media Kamis (18/6/2020).

Himbauan, tidak hanya kepada warga juga kepada pemilik lahan seluruh pelaku usaha pertanian serta Perusahaan Sawit Besar (PSB) untuk tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar.

Konsekwensinya, dihawatirkan akan berhadapan labgsung dengan aparat hukum, yang secara menyeluruh sudah diatur melalui undang-undang dan peraturan daerah. “Dengan ikhtiar kita semua pasti bisa,”ujarnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Dirut Bank Kalsel Raih Gelar Doktor

BANJARMASIN, SB – Drs Agus Syabarrudin MSI akhirnya meraih gelar Doktor setelah ujian terbuka program …