Kapolda Kalsel dan Danrem Ziarah Makam Sultan Suriansyah, Mengenal Sejarah Raja Banjar

BANJARMASIN, SB – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. mengajak Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah berziarah ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah di Kuin Utara Banjarmasin, Jumat (19/6/2020) pukul 11.00 Wita.

Dalam ziarah tersebut turut hadir Direktur Samapta Polda Kalsel AKBP Pepen Supena Wijaya, SIK., Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol. Mochamad Rifa’I, S.I.K., Pengurus Makam Sultan Suriansyah Bapak H. Achmad Yamani dan Pengurus Mesjid Sultan Suriansyah Bapak Andi.

Sebelum memasuki Makam, Kapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari memberi contoh kepada masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan yang ditetapkan Pengurus Makam, yakni dengan Pengecekan suhu tubuh dan menggunakan masker.

Kapolda Kalsel menyampaikan bahwa kunjungan silaturahmi ini dalam rangka mengenal sejarah Raja Banjar Pertama yakni Pangeran Sultan Suriansyah yang memeluk Agama Islam, serta memberikan pembelajaran tentang nilai – nilai moral kepada masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin.

“Kalimantan Selatan (Kalsel) ini bumi para Pahlawan dan Tokoh Agama, salah satunya ada di Kota Banjarmasin, Pangeran Sultan Suriansyah. Lebih baik kalau mereka yang masuk kesini, seperti saya dan Pak Danrem 101/Antasari yang baru pertama kali dinas di Kalimantan Selatan lebih baik ziarah dulu ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah,” tandas Kapolda Kalsel.

Kedatangan kami ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah ini, lanjut Kapolda Kalsel, untuk mendoakan beliau dan memohon agar kami dapat bertugas dengan baik sehingga Kalimantan Selatan bisa selalu aman dan lancar.

“Selain ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah, kami juga akan bersilaturahmi ke tempat-tempat lainnya diseluruh wilayah Kalimantan Selatan sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya agar dapat terhindar dari bahaya wabah Virus Corona atau Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan ziarah ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah untuk mengetahui sejarah tempat dimana kita bertugas.

“Dimana kita bertugas tentunya harus mengetahui sejarah tempat kita bertugas, demikian juga yang dilakukan hari ini sebaiknya kita menyempatkan diri untuk berziarah dan bersilaturahmi kepada Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat dll. Intinya adalah menjalin silaturahmi untuk memperlancar tugas kedepan,” ucap Danrem 101/Antasari.

Selain bersilaturahmi ziarah ke Makam Pangeran Sultan Suriansyah, pada kesempatan ini Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. juga menyerahkan alat Suci Al – Qur’an ke Mesjid Sultan Suriansyah yang diterima oleh Bapak Andi selaku Pengurus Mesjid Sultan Suriansyah Banjarmasin. (*/ad)

Check Also

Gunakan Bahan Alami, Masyarakat Perbatasan Pratek Buatkan Pestisida Nabati

SANGGAU, SB – Untuk mendukung/menunjang kegiatan padi organik dalam usaha melakukan pengendalian hama pada tanaman …