Ary Egahni Ben Bahat, SH Gencar Perjuangkan Hak Peladang Tradisional

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi III Daerah Pilihan Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, SH mengapresiasi pernyataan Kepala Kepolisisan Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo yang memberikan kelonggaran kepada peladang tradisional yang ada di Kalteng.

Hal ini selaras dengan apa yang diperjuangkan oleh Aggota Komisi III DPR RI tersebut dengan gencar memperjuangkan hak peladang tradisional di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya, Ary Egahni Ben Bahat, SH sangat mengapresiasi pernyataan yang disampaikan oleh Kapolda Kalimantan Tengah itu.

“Saya sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo karena sudah merespon baik dan memberikan kelonggaran terhadap peladang tradisional di Kalimantan Tengah dengan cara memberikan aturan – aturan yang menjadi panduan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota se Kalteng dengan menerbitkan Pergub, Perbup dan Peraturan Walikota yang mengatur tata cara membakar lahan,” ucapnya melalui Video Conference bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi dan para rekan media cetak/elekteronik di Kantor Diskominfo Kapuas, Selasa (23/6/2020) pagi.

Dirinya menambahkan, bahwa para peladang tradisional akan terbuka kesempatan bagi mereka dan selalu mengingatkan kepada Kepala Daerah untuk mengkomunikasikan kepada Kapolda Kalimantan Tengah agar dapat membuat peraturan yang baku dan matang sehingga para peladang mendapatkan perlindungan Hukum yang jelas.

“Ini dilakukan agar tidak adalagi yang namanya marginalisasi, tidak adalagi kriminalisasi sehingga proses untuk memperjuangkan kehidupan yang berawal dari membuka lahan pertanian dengan cara membakar ada peluang dan kesempatan,” ungkap Ary.

Ia mengaku, bangga kepada Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo serta bersyukur karena perjuangan para peladang tradisional bukan hanya di Kalimantan Tengah tapi juga untuk semua Provinsi yang ada di Kalimantan mendapatkan perhatian.

Ary Egahni Ben Bahat, SH juga tidak lupa mengingatkan, untuk tatap menjaga Kesehatan ditengah Pandemic Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). “Rajin mencuci tangan, makan makanan yang bergizi, berolah raga guna menjaga imunitas tubuh dan mentaati protokol Kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Dewan Pers Minta SMSI Kawal Pelaksanaan Pilkada

CILEGON, SuaraBorneo – Dewan pers meminta para jurnalis dari perusahaan media massa yang tergabung dalam …