Empat Tahun Pimpin Balangan, Capai Target 95,28 Persen

PARINGIN, SuaraBorneo – Empat tahun berjalan kepemimpinan H Ansharudddin sebagai Bupati Kabupaten Balangan bersama Wakilnya H Syaifullah, memberikan banyak perubahan bagi peningkatan pembangunan daerah.

Dimana kerja keras yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balangan sejak terpilih pada Pilkada 2015 hingga berjalan saat ini tak luput berkat dukungan jajaran serta masyarakat Bumi Sanggam.

Langkah gerak cepat untuk merealisasikan program pembangunan sebagaimana yang tertuang pada Visi Misi keduanya terus digenjot.

Dari hasil evaluasi capaian Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Balangan 2016-2021 sampai tahun 2019, yang dibuat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan.

Misi yang dilaksanakan pasangan dengan jargon SEHATI ini mencapai 95,28 persen atau dalam kategori sangat tinggi.

Dimana pasangan H Ansharuddin dan H Syaifullah telah membuktikan kepemimpinannya dengan meningkatkan beberapa sektor diantaranya.

Misi I, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan, dengan tujuan Meningkatkan Pelayanan Pendidikan dan Berkualitas :

Peningkatkan kualitas pendidikan dengan angka-rata lama sekolah dinilai 7,04 persen dan sudah tercapai 58,67 persen dari target RPJMD. Angka harapan lama sekolah, realisasi dari capaian kinerja RKPD mencapai 12,36 persen, sedangkan tingkat capaian kinerja RPJMD mencapai 90,22 persen, dari kedua indikator ini rata rata capaian kinerja 74,44 persen dengan predikat sedang.

Pada Misi II, Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan dengan tujuan, Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat :

Pertanian PDRB sebesar 11.71 persen, dengan capaian dari RPJMD sebesar 90,18 persen. Lanjut dibidang perdagangan PDRB nya masih di 5,74 persen dan sudah tercapai senilai 90,18 persen dari target RPJMD.

Kemudian, dipertumbuhan nilai investasi PMDN menujukkan capaian presentase sangat tinggi, yaitu 127,13 persen, ditambah lagi dengan pertumbuhan UMK mendapat capaian 120,78 persen dan mendapat presentanse sangat tinggi, pertumbuhan ketahanan pangan mencapai 99,81 persen juga menunjukkan predikat sangat tinggi.

Misi III, Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Yang Berkesinambungan, dengan tujuan Meningkatkan Daya Dukung Infrastruktur Pengembangan Wilayah :

Dimana pada Misi ini, jaringan jalan dalam kondisi mantap dengan sudah tercapai 113,60 persen masuk dalam kategori sangat tinggi. Jaringan irigasi dalam kondisi baik mencapai 96,56 persen juga mendapat predikat sangat tinggi,

Kemudian, sektor dengan predikat tinggi diantaranya, pemenuhan air bersih masyarakat menunjukkan capaian presentase 97,73 persen. Akses masyarakat terhadap sanitasi dasar 79,56 persen, jaringan drainase dalam keadaan baik mencapai 97,14 persen, pengurangan kawasan pemukiman kumuh mencapai 87,87 persen.

Misi IV : Pemberdayaan Sumber Daya Alam (Potensi Lokal) Berdasarkan Kearifan Lokal Yang Berwawasan Lingkungan, dengan tujuan Meningkatkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Bidang Pertanian, Perikanan, Pariwisata dan Transmigrasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Berwawasan Lingkungan.

Peningkatan nilai tukar petani mencapai 96,72 persen, peningkat indeks kualitas lingkungan hidup mencapai 98,55 persen, dimana dalam dua sektor ini rata-rata capaian kinerja mencapai 97,64 persen, dengan memperoleh predikat sangat tinggi.

Misi VII, Mewujudkan Kamtibmas dan Kepastian Hukum Untuk Terciptanya Suasana Yang Kondusif dengan tujuan terciptanya suasana masyarakat yang kondusif.

Peningkatan ketertiban masyarakat, mencapai predikat sangat tinggi dengan tingkat capain kinerja RPJMD 131,58 persen. (Mr)

Check Also

Bupati HSS dan Wakil Sambut Baik Kunjungan Pengurus PCNU

KANDANGAN, Suaraborneo.com- Bertempat diruang kerja Bupati HSS ,Kunjungan para pengurus Cabang Nahdatul Ulama HSS ,Dalam …